Tamu Di Minggu Pagi




 Salah satu hal yang saya sukai dalam menjalankan hobby ini adalah mendapatkan kunjungan dari rekan sesama penggemar jam. Salah seorang yang sering datang ke rumah saya di Bekasi adalah rekan penggemar jam yang tinggal di kali malang, tidak begitu jauh dari tempat saya tinggal. Minggu pagi ini, rekan saya datang lebih pagi dari biasanya, jam 06.30. Suasanan menjadi lebih 'hangat' ketika rekan tersebut membuka bawaan yang disimpan dalam kotak plastik Tupperware. Isinya sangat luar biasa dan saya yakin orang tidak menyangka kalau dalam kotak plastik kecil tersebut ada barang yang nilainya sangat berharga.

Rekan saya yang satu ini memang dikenal sebagai penggemar jam yang selektif, tidak heran kalau hampir semua koleksinya dalam kondisi yang sangat bagus dan dirawat dengan sangat baik. Begitu juga jam-jam yang dibawa pagi itu. Mari kita lihat satu persatu..

ROLEX AIRKING 14060M


 Sungguh cantik Rolex Airking yang pagi itu dia pakai. Yang membuatnya sangat menarik, selain kondisinya yang sangat bagus, adalah warna birunya yang meneduhkan dan desain dial yang menyerupai desain Rolex Explorer 1 dengan adanya indeks arabic 3, 6 dan 9. Perawakan rekan saya tersebut besar, tapi ketika pakai Airking ini tetap terlihat bagus. Selama ini, saya selalu menghindari untuk memiliki sebuah Airking karena desain dan ukurannya, tapi untuk Airking yang satu ini adalah pengecualian!. Kebetulan saat itu saya menyimpan di rumah Rolex Oysterquartz yang warnanya biru ke-ungu-an dan ketika dijajarkan warnanya sangat klop sekali dengan Airking tersebut. Walaupun terpaut belasan tahun dalam usia produksi, tapi kecantikan Oysterquartz yang jauh lebih tua juga tidak kalah cantiknya..


ROLEX SUBMARINER 16610 dan GMT MASTER 16700


Duo tipe Rolex sport ini sering disebut sebagai 'must have' bagi kalangan penggemar Rolex. Tipe ini menjadi icon bagi merek tersebut. Kedua tipe tersebut sekarang sudah diskontinyu dan mungkin karena sebab itulah keberadaannya semakin sulit untuk didapat dan ini tentunya berpengaruh terhadap harganya. Sebuah anomali untuk merek Rolex terutama tipe sport, ketika sebuah tipe sudah diskontinyu, harga tipe tersebut malah terkerek naik secara otomatic. Hal ini tidak terjadi di banyak merek jam lain, ketika sebuah tipe diksontinyu, maka tipe tersebut akan diberi diskon yang lebih banyak. Kedua tipe ini memang yang mengalami koreksi harga yang paling besar. Kedua jam ini masih dalam kondisi yang sangat bagus (mint)!

JAEGER LeCOULTRE Master Compressor Geographic

JLC  adalah salah satu merek jam yang sangat saya hormati, terutama dari filosofi desain dan konsistensi serta komitmen JLC dalam mempertahankan tradisi pembuatan jam mechanical. JLC merupakan merek yang secara konsisten mendesain dan memproduksi caliber movement baru. JLC bukanlah merek jam yang menggunakan 1 jenis movement untuk banyak tipe. Karena itu JLC dikenal sebagai salah satu penerima paten paling banyak untuk movement jam. Desain mereka khas dan banyak orang bilang kalau desain jam dan movement JLC unik serta smart. Master compressor merupakan salah satu Big Hit bagi JLC karena desainnya yang khas dan teknologinya yang user friendly, terutama bagi frequent traveller yang membutuhkan informasi waktu lain dalam sekali pandang. Jam ini adalah jam yang termasuk jarang dipakai oleh teman saya karena mungkin terlalu sayang (?)


 GRAND SEIKO GMT Automatic


Yes..This is one of my dream watch ! Sejak pertama kali melihat jam ini dipakai oleh salah satu teman saya sekitar 7-8 tahun lalu, saya sudah jatuh cinta dengan desain Grand Seiko GMT. Saat itu yang dikenakan teman saya adalah versi lebih tua dari GS GMT ini yaitu SBGM003. Saat itu GS tidak dijual diluar Jepang dan teman saya harus membelinya langsung ke Jepang. GS GMT yang dimiliki oleh teman saya ini adalah versi barunya dan merupakan versi international dari GS. Desain dial tidak banyak berubah, hanya caseback yang dulunya masih dibuat transparan. Dialnya unik karena warna semu krem dan terlihat klasik. Kualitas buatannya? jangan ditanyakan lagi karena anda akan kagum dengan detail nya yang sangat halus dan presisi! Kondisi jam ini masih terlihat seperti baru karena pemilik sebelumnya yang juga teman sehobby jarang mengenakan jam ini.


Solid Cseback Grand Seiko



PATEK PHILIPPE CALATRAVA

Patek Philippe Calatrava ini merupakan jam impian bagi teman saya dan jam yang laing dia sukai saat ini. Saat kedatangan-kedatangan sebelumnya berulang kali dia mengatakan ingin sekali punya Patek yang klasik dan timeless, dan itu hanya bisa didapat pada tipe Calatrava. Desain jam Calatrava nyaris sangat sederhana dan tidak banyak perubahan baik dari segi major design atau dari dimensi casing, tetap berkisar 34-35mm. Kondisi jam ini nyaris seperti baru. Terbuat dari 18K YG dengan crocodile strap berwarna hitam dipadu dengan tang buckle emas juga. Meskipun dimensi 34mm, tapi saat dipakai di tangan tidak terlihat terlalu kecil. Patek Philippe merupakan merek yang dianggap paling likuid (selain Rolex). Merk ini selalu mendominasi rumah-rumah lelang dunia dan kecenderungan merk ini menjadi komoditas untuk disimpan dan dijual di kemudian hari. Beberapa tipe yang sangat dicari oleh para penggemar jam selain Calatrava adalah Nautilus. Someday, saya juga ingin punya setidaknya 1 buah Patek Philippe yang akan disimpan sebagai warisan keluarga..



0 Responses So Far: