Jam Yang Pernah Dikenakan Presiden Amerika



Bagi para penggemar jam, melihat sosok orang nomor satu di sebuah negara bukan saja dilihat dari profilnya, tapi juga jam apa yang mereka pakai dalam keseharian menjalankan sebuah negara. Posting kali ini saya ingin menampilkan beberapa presiden Amerika Serikat di era modern yang, selain sering dibicarakan karena profesinya, juga karena jam yang mereka kenakan selama menjadi presiden.


FRANKLIN D. ROOSEVELT

Presiden ini sering disebut sebagai FDR (foto atas), sehari-hari mengenakan sebuah jam Triple date Calendar yang diberi merk TIFFANY & Co. Jam ini diproduksi oleh MOVADO pada tahun 50-an dan dijual secara eksklusif oleh TIFFANY & Co dengan menggunakan merk toko tersebut.


 HARRY S. TRUMAN

President ini bukanlah tipe orang yang menggemari trend terutama untuk jam tangan. Truman adalah penggemar tools watch terutama Chronograph. Selama 23 hari dalam Potsdam Conference di musim panas 1945, Truman terlihat mengenakan jam UNIVERSAL Geneve Tri Compax. Saat itu, UNIVERSAL merupakan jam yang sangat populer terutama tipe Tri Compax yang masuk dalam kategori sport watch. Jam ini diproduksi pertama kali pada tahuyn 1944, setahun sebelum conference itu diadakan dan menjadi kian populer setelah dikenakan oleh Truman. Jam sport chronograph lain yang Truman sering kenakan adalah sebuah GALLET 'Flying Officer'. Jam GALLET ini merupakan jam hadiah dari staf Truman pada tahun 1939.



JOHN F. KENNEDY

Salah satu mantan Presiden AS yang sering dibicarakan adalah John F.Kennedy (JFK). Ketika pertama kalinya JFK bertugas di Gedung Putih, dia mengenakan sebuah jam Omega Ultra Thin solid gold yang merupakan hadiah dari Senator Grant Stockdale. Pada caseback terdapat tulisan “President of the United States John F. Kennedy from his friend Grant.” Stockdale saat itu sangat optimis bahwa JFK akan menjadi presiden AS, dan ternyata benar. Pada December 2005, Omega Museum, di Bienne, Switzerland, membeli jam tersebut di sebuah lelang seharga $420,000. Jacqueline Kennedy menulis surat terima kasih kepada Stockdale atas hadiah yang telah diberikan, dan dalam surat itu Jacqueline menggambarkan jam yang diberikan oleh Stockdale sebagai “nicer than the watch I gave him.” Sampai sekarang tidak ada yang pernah tahu jam apa yang sebelumnya Jacqueline berikan kepada JFK. Mungkin yang dimaksud adalah sebuah jam Cartier Tank sebagai hadiah ulang tahun perkawinan ke-4 dengan JFK. Jam inilah (Cartier Tank) yang dikenakan oleh JFK saat dia ditembak pada sebuah parade di tahun 1963. JFK juga memiliki jam lain sebagai hadiah yaitu sebuah Hamilton, yang merupakan hadial ulang tahun dari Gubernur Pennsylvania David Lawrence pada tahun 1962.



 Salah satu jam yang paling sering dibicarakan terkait JFK adalah sebuah Rolex Day-date Ref.1803 yellow gold. Bukan karena jamnya, tapi siapa orang yang memberikan jam tersebut. Marilyn Monroe memberikan jam ini pada tahun 1962 dengan tulisan yang digrafir di case back "With Love as Always". Tulisan itu menunjukkan bagaimana tingkat hubungan antara JFK dan Marlyin Monroe. JFK tidak menyimpan jam ini dan memberikan kepada kolega-nya.


LYNDON B. JOHNSON

Lyndon B. Johnson (LBJ) seringkali dikaitkan dengan Rolex Day-Date 1803 dan dari sana lah muncul sebutan The president' watch. LBJ seringkali terlihat mengenakan Rolex 1803 dalam setiap kesempatan acara kenegaraan. Selain itu, LBJ juga memiliki jam Vulcain Cricket yang sering disebut sebagai jam-nya presiden AS karena setiap presiden baru akan diberi jam tersebut.


Foto di bawah merupakan jam Vulcain Cricket (alarm) yang dimiliki oleh LBJ saat menjabat sebagai Presiden AS. pada dial terdapat inisial 'LBJ' yang ditulis tangan.


GERALD FORD

Gerald Ford (GF) menjabat sebagai presiden AS ketika era jam digital dan quartz mulai menjadi trend di dunia horology. Saat itu GF terlihat selalu mengenakan sebuah jam digital yang diproduksi oleh Hamilton yaitu Pulsar (brand Pulsar saat ini dimiliki oleh SEIKO). Pulsar merupakan jam digital pertama yang dibuat oleh Hamilton dan segera menjadi banyak perbincangan di Amerika. Banyak tokoh, politisi dan selebritis yang terlihat dengan bangga mengenakan jam tersebut. Tidak terkecuali GF sebagai presiden. Ketika Hamilton mengeluarkan jam digital yang memiliki fungsi kalkulator, GF sangat antusias untuk memilikinya. GF meminta istrinya Betty untuk membelikan jam tersebut untuknya sebagai hadiah natal pada tahun 1974. Istrinya menolak untuk membelikan, karena Hamilton calculator tersebut harganya US$4,000, yang dianggap terlalu mahal untuk sebuah jam tangan.


BILL CLINTON

Mantan presiden yang satu ini dikenal sebagai kolektor jam dan terlihat seringkali tampil dengan beberapa jam yang berbeda. Pada masa kampanye dan awal-awal masa kepresidenan di Gedung Putih, Bill terlihat selalu mengenakan sebuah jam digital sederhana merek Timex Ironman Triathlon. Kemudian, Bill terlihat lebih bergaya dengan mengenakan jam-jam yang secara kualitas dan visual sangat menarik.

Bill Clinton mengenakan Audemars Piguet Jules Audemars Red Gold

Bill terlihat mengenakan Panerai PAM 89
Bill dan Jaeger Le Coultre Navy Seal Titanium

BARACK OBAMA

Barack Obama awalnya adalah pengguna Tag Heuer 1500 Quartz dengan leather strap. Setelah menjadi presiden, sejak 2007 Obama terlihat selalu mengenakan sebuah jam Jorg Gray chronograph quartz, yang merupakan hadiah ulang tahun dari 3 orang Secret Service. Obama sepertinya bukanlah penggemar jam tangan, karena tidak pernah terlihat Obama mengenakan jam lain selain jam hadiah tersebut.



0 Responses So Far: