STURMANSKI OKEAH Manual Winding Chronograph



Sudah lama saya berhenti mengoleksi jam-jam Rusia (d/h buatan Uni Soviet) karena dengan alasan perampingan jumlah koleksi dan berusaha untuk fokus pada beberapa brand saja. Ternyata perkembangan jam-jam Rusia terutama generasi modern setelah Uni Soviet bubar, bertambah baik, terutama dari sisi desain dan kualitas finishing. Sedangkan kalau dari sisi movement nyaris tidak ada perkembangan yang berarti.  Salah satu tipe yang cukup menyita perhatian saya adalah sebuah STURMANSKI chronograph yang memiliki desain yang unik, lain daripada yang lain dan eye catching. Kalau dari sisi desain casing, nyaris tidak ada perubahan yang signifikan karena kita akan sering melihat jam Rusia yang desain casing nya sama dan hanya memiliki perbedaan di Desain dialnya. Hal ini dikarenakan perkembangan dunia horology di Rusia tidak semaju produsen jam Swiss dan Jepang. Bahkan beberapa merek membuat casing dan perakitan jam dilakukan di Jerman, dan dengan tetap menggunakan movement mekanik klasik buatan era Uni Soviet.

Salah satu tipe yang membuat saya tertarik (lagi) dengan jam mekanik Rusia adalah sebuah Sturmanski OKEAH yang memiliki desain khas. Desain OKEAH ini mengambil ide desain dari versi vintage yang diproduksi pada tahun 70-an.


OKEAH merupakan jam re-issue yang diproduksi oleh Volmax dan Maktime dalam beberapa jenis desain. Diketahui ada 3 jenis Re-issue yang pernah diproduksi oleh Volmax dan OKEAH yang saya miliki ini adalah re-issue kedua. Perbedaan antara ketiganya tidaklah besar dan ada hal yang selalu dipertahankan yaitu desain dial yang menggunakan 2 varna: silver dan biru. Pada produk Re-issue pertama jarum sub register adalah merah dan hitam dan tombol chrono tidak memiliki 'dasar' seperti pada edisi ke-dua. Semua OKEAH re-issue yang diproduksi menggunakan jenis movement yang sama. Produsen OKEAH lainnya yaitu Maktime memutuskan untuk berhenti membuat jam dengan basis manual chronograph legendaris buatan Rusia yaitu Cal.3133. Karena alasan itu, maka forum tersebut meminta Maktime untuk membuat OKEAH 'Final Edition' (by Maktime). Desain OKEAH Final Edition sendiri berusaha mendekati edisi asli vintage OKEAH.

Banyak orang yang heran dengan jam-jam produksi Rusia karena bisa jadi jam yang tipenya sama (desain dan movement) dan dibuat oleh produsen yang berbeda. Apakah tidak ada hak eksklusif dalam memproduksi jam tersebut? memang khusus untuk jam-jam Rusia tidak ada single company yang memiliki hak eksklusif dalam memproduksi sebuah jam. Contohnya OKEAH ini yang dibuat oleh perusahaan yang berbeda.


Pada Cseback OKEAH terdapat logo yang serupa dengan OKEAH versi aslinya yaitu bergambar jangkar dan bintang yang disatukan (ditumpuk), serta tulisan 'KOMANDIRSKIE' yang menunjukkan bahwa versi asli jam ini dibuat memang untuk angkatan laut Uni Soviet. Kemudian ada beberapa kata dalam bahasa Rusia yang saya tidak tahu artinya, serta informasi serial number jam ini dari 300 buah jam yang sama yang diproduksi pada saat itu. Saat ini akan banyak ditemui jam-jam Rusia modern yang diproduksi hanya sedikit. Dan apabil jam yang sama dibuat sedikit berbeda maka akan dibuat 'limited edition' yang masuk dalam batch yang lain. Sehingga akan beberapa kali menemui jam yang mirip tapi ternyata dari batch produksi yang berbeda.

OKEAH ini menggunakan manual winding chronograph movement cal.3133 produksi Poljot. Movement ini merupakan 'kembaran' dari Valjoux 7734 yang pada tahun 60-70an banyak digunakan oleh para produsen jam. Apabila jam Soviet pada saat itu menggunakan movement Valjoux maka jam-jam mereka akan tidak bisa dibeli karena harga pasti akan lebih mahal. Karena itu, Soviet melakukan studi dan membuat 3133 sebagai valjoux 7734 versi Soviet dan masih dipakai hingga saat sekarang.


Salah satu hal yang saya suka dari jam ini selain dari desain dial-nya adalah penggunaan crown yang besar dan terlihat semakin membuat jam ini maskulin. Crown yang ada di kiri casing berfungsi untuk menggerakkan inner bezel. Kualitas finishing sudah lebih bagus dari generasi sebelumnya yang seringkali masih menggunakan base metal dan bukannya baja. Strap kulit warna hitam yang digunakan cukup tebal dan terlihat kokoh, dengan tang buckle yang sederhana.



0 Responses So Far: