PORSCHE DESIGN by IWC Ocean 500



 Seringkali membeli jam untuk diri sendiri, suatu kali saya ingin membelikan sebuah jam untuk istri yang desainnya unik, memiliki movement yang bagus dan penampilan yang menarik dan khas. Saat jalan-jalan ke tempat teman, saya melihat dan akhirnya memutuskan untuk membeli jam ini untuk istri saya dan ternyata dia suka dengan jamnya!

Jam ini adalah PORSCHE DESIGN yang dibuat oleh IWC pada tahun 80-an. Kalau menilik dari sejarah di balik jam ini, ada hal yang menarik untuk diketahui. Pada periode akhir tahun 70-an, IWC terkena imbas dari revolusi jam quartz. IWC, saat itu merasa bahwa dampak dari teknologi quartz yang pertama kali dipopulerkan oleh SEIKO mengancam keberadaan jam-jam mekanik dan hal ini juga berdampak pada kelangsungan perusahaan jam mekanik. Pada periode 70-an IWC juga membuat jam quartz dan juga hybrid (Mecca-quartz) yang ternyata tidak begitu populer. Untuk mengatasi hal ini, akhirnya IWC pada tahun 1978 bekerja sama dengan Ferdinand A. Porsche untuk membuat jam dengan mengusung kedua nama, yaitu Porsche dan IWC. Saat itu F.A Porsche sudah bekerja sama dengan Orfina dalam membuat jam sport mekanikal. Kemudian kerja sama tersebut selesai dan Porsche menggandeng IWC.

Kerja sama Porsche dengan IWC berlangsung selama 20 tahun sampai akhrinya Porsche merasa sudah saatnya untuk membuat divisi pembuat jam dengan mengusung namanya sendiri (PORSCHE DESIGN) . Untuk tujuan ini, Porsche akhirnya membeli ETERNA untuk mensupply semua movement untuk jam Porsche design. Karena rencana besar ini, akhirnya IWC memutuskan kerja sama dengan PD pada tahun 1997. Berakhirnya kerja sama ini sebenarnya juga menguntungkan IWC dari segi brand value, karena disadari atau tidak, Brand Porsche Design ternyata menjadi lebih dikenal dari brand IWC sendiri dan untuk jangka panjang tentu hal ini akan membahayakan nilai brand IWC.


Meskipun kerjasama selama 20 tahun bukanlah masa yang singkat, tapi produk-produk PD yang menggunakan movement IWC sangat sulit dijumpai, karena itu harganya di pasar kolektor selalu cenderung naik. Memang diakui, desain PD sangat berbeda dengan konsep desain IWC pada umumnya yang cenderung klasik. Desain PD sangat unik pada jamannya dan menggunakan material yang saat itu jarang digunakan untuk sebuah jam, yaitu titanium.

Porsche Design by IWC yang saya belikan untuk istri saya ini merupakan tipe jam diver OCEAN 500. Casing jam tidak besar dan untuk ukuran sekarnag mungkin dikategorikan sebagai jam mid-size, yaitu 34mm. Porsche Design membuat jam tipe 'Ocean; ini sebagai jam sport khususnya Diver watch. Desain casing dan konstruksi jam dibuat untuk bisa menahan tekanan sampai 50 bar. Tipe lain dari seri yang sama 'Ocean' dan memiliki depth rating yang lebih tinggi adalah Ocean 2000, dan juga memiliki dimensi yang lebih besar juga.


Yang saya suka dari jam ini adalah desainnya yang sangat modern (menurut saya), dan juga perpaduan warna hitam (dial), abu-abu (casing dan rantai) serta warna gold pada bezel terlihat menarik. Desain rantai menyerupai gelang yang menyatu dengan casing jam. Bezel terbuat dari solid 18K yellow gold. Penggunaan material emas dalam sebuah jam sport diver ini dikarenakan positioning Ocean 500 saat itu memang lebih ditujukan kepada pengguna wanita dan warna emas akan menampilkan feminim dari sebuah jam sport.




0 Responses So Far: