OMEGA Constellation Pie-Pan Cal.561 Gold Capped



Dari sekian banyak jenis Omega Constellation yang pernah diroduksi secara massal oleh Omega, ada satu tipe yang menjadi icon dan klasik, yaitu tipe pie pan. Pie pan adalah sebutan untuk sebutan Connie yang memiliki dial dengan desain seperti mangkuk pie dibalik. Desain ini membuat dial secara visual menjadi lebih 3 dimensi dan unik. Desain pie pan hanya diperuntukkan pada tipe Connie saja, mungkin hal ini dilakukan Omega untuk menjaga keunikan produk Connie. Sayangnya, desain unik ini tidak diaplikasikan lama dan tidak untuk semua produk Connie sehingga semakin sulit untuk bisa mendapatkannya.


Selama beberapa kali mempunyai Omega Connie, saya tidak pernah sekalipun berkesempatan untuk memiliki sebuah Connie Pie pan, baru minggu lalu saya beruntung bisa menemukan dan memilikinya. Connie pie-pan ini memiliki desain yang unik pada casing, terutama pada lugsnya. Orang mengatakan model lugs ini sebagai 'Dog legs lugs' karena (katanya) bentuknya menyerupai kaki anjing. Desain lugs yang unik seperti ini juga hanya bisa ditemukan pada seri Connie lama.

Casing diberi lapisan emas 14K (gold capped) yang menyelimuti bagian atas hingga samping casing dan Lugs. Warna emas senada dengan warna dial yang kekuningan. Karena jam ini sudah berusia lebih dari 50 tahun, pada dial sudah terlihat beberapa perubahan warna yang disebabkan karena proses alami. Bagi saya pribadi, kondisi seperti untuk sebuah jam tua malah membuat jam terlihat lebih eksotis dan seksi. Tulisan dan logo Omega dibuat dari lempengan emas dan dibuat timbul. Hal yang membuat jam ini lebih menarik adalah adanya cross hair pada dial.


Connie ini menggunakan Cal.561 yang mulai diproduksi secara massal pada tahun 1958. Cal.561 adalah salah satu jenis movement yang paling banyak dipakai untuk jam Connie dan dianggap sebagai salah satu movement Omega terbaik yang pernah dibuat dan diproduksi dengan jumlah terbanyak untuk keluarga Cal.5XX.




0 Responses So Far: