OMEGA Memomatic Alarm Mechanical Cal.980



 Sudah sejak lama saya menginginkan salah satu jam Omega vintage yang termasuk paling sulit didapat, yaitu Omega memomatic dengan dial two-tone: abu-abu dan hitam. Pertama kali saya melihat Omega Memomatic seperti ini adalah sekitar 14 tahun lalu di sebuah pasar tradisional di Purwokerto. Saat itu saya melihatnya langsung jatuh cinta karena desainnya yang eye catching. Karena jam itu dalam keadaan rusak maka Omega itu tidak jadi saya beli. Beberapa kali saya mendapati Omega memomatic yang memiliki varian dial berwarna putih dan silver yang terlihat pucat dan tidak unik. Salah seorang rekan di Komunitas Kronometrofilia (Komunitas penggemar jam) memiliki salah satu varian yang saya inginkan, tapi sayangnya dia tidak ingin menjualnya. 


 Kenapa saya begitu inginkan Omega Memomatic ini? Selain dari desainnya yang sangat retro dan menarik untuk dilihat, ada beberapa fakta yang menarik mengenai tipe Memomatic ini.

Omega Memomatic adalah salah satu tipe yang value-nya meningkat secara signifikan dibandingkan dengan Omega vintage tipe lain. Sekitar 5 tahun lalu, tipe ini tidak dilihat sebagai salah satu tipe Omega antik yang patut diperhitungkan. Para penggemar dan kolektor Omega antik lebih fokus pada tipe Speedmaster Moonwatch, Seamaster Diver dan Constellation sebagai tipe-tipe Omega antik yang banyak diburu dan diperjualbelikan baik di forum internet maupun balai lelang besar. memang benar bahwa Speedmaster dan constellation adalah icon dari Omega dan paling dikenal. Sedangkan Memomatic bukanlah tipe dominan dalam jajaran produk Omega antik karena memang Omega Memomatic hanya diproduksi sebanyak 35,000 buah dalam 4 tipe berbeda.

Ada fakta menarik yang seringkali dilupakan oleh para pencinta Omega. Omega modern tidak lagi memproduksi jam mekanik yang memiliki fungsi Alarm apalagi dengan teknologi yang dimiliki oleh Memomatic pada saat itu. Omega membuat jam alarm pada produk mereka yaitu X-33 yang merupakan jam dengan quartz movement. Entah kenapa Omega tidak lagi memproduksi jam alarm mechanical sedangkan banyak produsen jam Swiss yang membuatnya.


 Omega Memomatic ini menggunakan automatic Alarm Movement Cal.980. Movement ini dibuat pertama kali pada tahun 1968 oleh Raoul-Henri Erard dan kemudian mulai diproduksi secara massal oleh Lemania khusus untuk Omega pada tahun 1969. Total unit yang diproduksi oleh Lemania adalah 35,000 unit. Keunikan lain dari Movement buatan Henri Erard ini adalah pemakai bisa melakukan setting alarm sampai ke menit. kebanyakan jam alarm yang beredar pada saat itu hanya memiliki jarum alarm yang menunjukkan jam, sedangkan Memomatic menggunakan penunjuk alarm jam (ditunjukkan dengan segitiga) dan menit (ditunjukkan dengan 2 garis berwarna orange). Penunjuk jam-menit ini menggunakan aplikasi piringan (disc) yang berputar secara independent. Penggunaan lempengan (disc) ini bertujuan agar permukaan dial tidak terlihat penuh apabila penunjuk waktu dan menit untuk alarm menggunakan jarum. Selain itu, tiang as jarum akan dibuat lebih tinggi apabila menggunakan aplikasi jarum dan otomatis akan membuat permukaan jam menjadi lebih tinggi. Penunjuk alarm jam-menit ini merupakan teknologi yang pertama kali digunakan dalam sebuah jam.

Tidak seperti jam alarm lainnya yang menggunakan 2 barrel (satu untuk penunjuk waktu dan lainnya untuk alarm), Memomatic hanya menggunakan single barrel untuk penunjuk waktu dan alarm, jadi pemakai tidak perlu memutar crown khusus hanya untuk mengisi tenaga untuk alarm, tapi dengan menggunakan jam ini secara otomatis tenaga untuk membunyikan alarm juga turut terisi. Teknologi ini sangat praktis pada saat itu dan merupakan hal yang tidak pernah terpikir bisa dilakukan dalam sebuah jam mekanik.


 Berbeda dengan desain konstruksi casing untuk jam alarm yang dibuat oleh Vulcain (Cricket), Memomatic memproduksi bunyi alarm dengan mengetuk plat besi yang berada di movement dan bukan ke caseback. Efeknya adalah suara alarm yang terdengar tidak sekeras Vulcain. Omega dengan cerdas menjelaskan 'kelemahan' ini dengan cara yang halus. Dikatakan dalam iklan mereka bahwa jam ini " ibarat miniatur sebuah jam alarm meja yang secara halus akan mengingatkan Anda terhadap janji pertemuan berikutnya, tanpa mengagetkan orang-orang yang berada di sekitar anda". Kalau dibandingkan dengan suara alarm pada Vulcain cricket, suara Memomatic memang lebih 'lembut'.

memomatic memiliki dimensi 40x43mm dengan ketealan sekitar 12mm. Perpaduan warna abu-abu, hitam dan orange terlihat sangat menarik dan sedap dipandang. Jam ini memiliki ref number.166.072 yang digrafir di inner caseback. dari serial number yang terdapat pada movement, jam ini diproduksi pada tahun 1970 (serial number 30,014,XXX). Saat ini saya padu padankan dengan mesh bracelet vintage Omega yang satu usia dengan Memomatic ini dan terlihat menjadi lebih gagah.



0 Responses So Far: