ROLEX Submariner Date Ref.1680 Ca.1977




Dunia koleksi jam antik tidak ada yang bisa lebih unik dibandingkan dengan Rolex, khususnya Rolex Sport vintage. Banyak hal yang 'aneh' dan kadang membingungkan terkait dengan penilaian penggemar Rolex terhadap sebuah Rolex sport antik. Beberapa dari 'keanehan' tersebut sudah pernah saya tuliskan dalam posting sebelumnya. Untuk bisa memahami dunia Rolex antik ternyata sangat banyak yang harus dipelajari karena ada banyak ciri dan pakem yang harus diketahui. Dan perbedaan itu juga ternyata berpengaruh terhadap nilai dari Rolex tersebut.

Sudah sejak lama saya menginginkan sebuah Rolex Submariner antik, terutama yang sudah menunjukkan ciri ke-tua-an yang seringkali muncul dari patina pada indeks dan jarum jam. Ada 2 jenis Rolex Submariner antik yang masih suka dijumpai (tapi tidak sesering seri GMT 1675) yaitu, Submariner No date (Ref.5513) dan yang lebih sering adalah Submariner Date (ref.1680). Salah satunya yang ada dalam koleksi saya ini.

Submariner Date Ref.1680 pertama kali diproduksi pada tahun 1969 dengan menambahkan fungsi tanggal. Ide awal pembuatan Submariner pada tahun 50-an adalah sebagai tool watch yang digunakan oleh para penyelam profesional. Fungsi itu berubah pada akhir tahun 60-an dengan memunculkan Ref.1680 yang, selain sebagai tool watch, juga diposisikan sebagai jam sehari-hari yang tangguh dan juga mempertimbangkan estetika. Karena itu Ref.1680 juga diproduksi dalam versi solid gold. Desain Submariner yang memiliki tanggal ini akhirnya dipertahankan sampai sekarang dengan perubahan desain yang sedikit.

Generasi awal Ref.1680 memiliki ciri khas yaitu tulisan 'Submariner' yang berwarna merah. Tipe ini sering disebut sebagai 'RedSub'. Desain ini tidak dipertahankan lama dan tulisan merah diganti menjadi putih (seperti tulisan lainnya) pada tahun 1974. Karena populasi 1680 RedSub yang lebih sedikit, maka harga sebuah RedSub bisa mencapai 1,5 - 2 kali dari 1680 biasa. Aneh? tapi itulah fenomena dalam koleksi Rolex sport vintage.

Karena kecenderungan seperti itu maka banyak ditemui sebuah RedSub palsu atau 'palsu'. Apa bedanya palsu dengan 'palsu'? untuk sebutan palsu, biasanya memang jam itu dibuat mirip Rolex tapi bukan Rolex, biasanya buatan China dengan kualitas yang buruk. Sedangkan 'palsu' menggunakan komponen Rolex Sub asli dan yang dipalsukan adalah tulisan Submariner yang mungkin awalnya putih dirubah menjadi merah. Hal ini dilakukan untuk menaikkan harga jual.


Karena adanya fungsi tanggal pada 1680, maka mika pada submariner ini memiliki magnifier (pembesar) yang membedakan dengan generasi sebelumnya. Ciri khas lain dari mika 1680 adalah betuknya yang cenderung flat (tidak berbentuk dome seperti generasi sebelumnya), dan konstruksinya yang lebih tinggi (sekitar 3mm). Penggunaan mika tinggi seperti ini bertujuan untuk mempermudah dan memperjelas pemakai dalam melihat dial dan jarum. Selain itu, desain mika ini membuat penampilan 1680 menjadi unik dan khas.


Submariner ini diproduksi pada tahun 1977 dengan serial number 5.4XX.XXX. Menggunakan automatic movement cal.1575 yang sudah melalui tes akurasi Chronometer. Dial berwarna matte black dengan indeks yang masih menggunakan tritium. Terlihat indeks dan jarum jam sudah mulai berubah warna menjadi kecoklatan. Sebuah proses perubahan yang alami bagi jam yang masih menggunakan tritium. Dan bagi saya, warna patina ini menambah ke-seksi-an sebuah jam antik!





0 Responses So Far: