DIEVAS Vintage 3646 Sapphire



 Sempat bosan dengan jam-jam yang banyak beredar dan sudah dimiliki, saya dan seorang teman di Bandung punya keinginan punya jam yang tidak banyak orang pakai, bukan limited edition tapi memang dibuat hanya sedikit, desainnya menarik (tentu bagi yang suka), memiliki kualitas finishing yang baik dan dari material yang juga bagus serta menggunakan mekanikal swiss movement yang memang sudah teruji. Setelah beberapa alternatif kami dapatkan ternyata belum mengena di hati. Sampai akhirnya saya melihat dengan tidak sengaja di sebuah forum ada yang posting jam ini: Dievas Vintage 3646.

Namanya memang Dievas Vintage, tapi ini bukanlah jam vintage. Nama 'Vintage' digunakan untuk menunjukkan bahwa desain jam ini mengambil ide dari jam tangan vintage. Ternyata untuk mendapatkan jam ini agak sulit karena ketika kami hubungi agen penjual jam ini di Singapore mengatakan bahwa kami harus menunggu produksi berikutnya karena jam ini memang tidak banyak diproduksi oleh produsennya. Dan setiap kali delivery langsung sold out. Akhirnya setelah menunggu 2 minggu dan memberikan deposit terlebih dahulu, akhirnya jam ini bisa dijemput di agen tersebut.

DIEVAS Watch Company merupakan sebuah pembuat jam independent kecil yang memproduksi semua jam mereka di sebuah kota di Jerman. Dievas tidak memproduksi jam dalam jumlah banyak karena semua jam yang mereka produksi merupakan hand assembled. Jam-jam yang mereka buat dikerjakan dengan menggunakan material yang baik, movement yang teruji dan finishing yang rapi.


Seri 3646 Vintage sapphire merupakan tribute untuk jam militer yang diproduksi untuk pasukan katak angkatan laut Italia pada pertengahan tahun 1930-an. Saat itu jam tersebut diproduksi oleh Officine panerai dengan menggunakan Rolex movement. Desain yang dibuat Dievas mendekati kondisi asli jam vintage tersebut, baik dari segi dimensi dan penampilan secara umum. Diameter jam 47mm dan terbuat dari stainles steel grade 316L yang keseluruhan bagian nya dipoles dengan baik. Dial menggunakan desain yang sama dengan versi antik yaitu sandwich dial yang terdiri dari 2 lapis dial. Bagian bawah merupakan dial yang dilapisi dengan lapisan Luminous yang berpendar dalam gelap. lapisan Luminous ini diberi warna kuning kecoklatan agar mirip dengan versi aslinya. Sapphire crystal menggunakan desain domed shaped yang terlihat menonjol bila dilihat dari samping. Jam ini menggunakan wire lugs system yang menyatu dengan casing melalui 2 buah baut kecil. Desain ini juga sama dengan versi original vintage nya. Ukuran strap adalah 26mm. Pada 2 gambar diatas, Dievas ini saya pasangkan croco strap original Panerai yang saya pinjam dari Panerai PAM 351 saya dan ternyata penampilannya menjadi lebih bagus.



 Pada gambar diatas, Dievas 3646 ini saya bandingkan dengan Panerai PAM 210 radiomir yang memiliki desain casing mirip. Dimensi 210 lebih kecil 2mm dibandingkan Dievas. Kalau dilihat dari finishing casing sama bagusnya karena menggunakan bahan dasar steel 316 yang sama dan sistem finishing yang sama juga. Bedanya, PAM 210 tidak menggunakan domed crystal jadi terlihat lebih pipih. 

Dievas menggunakan Manual winding movement Unitas 6497 yang merupakan movement klasik yang sangat dikenal tangguh dan banyak digunakan oleh pabrikan jam Swiss untuk dimodifikasi atau digunakan langsung. Salah satu produsen jam yang menggunakannya adalah Panerai. Pada PAM 210 terlihat bahwa jam itu juga menggunakan mesin 6497 yang sudah dimodifikasi. Salah satu bentuk modifikasi yang dilakukan adalah dengan menambahkan Swan neck regulator untuk meningkatkan akurasi dan kestabilan movement. Bentuk plate juga berubah dengan cara 'membelah' movement menjadi 2 bagian. Beda dengan 6497 yang digunakan oleh Dievas, movement ini tidak dimodifikasi tapi hanya di poles dan didekorasi dengan pola 'Cotes de Geneve' yang berpola horisontal. Pam 210 juga menggunakan metode poles yang sama hanya polanya horisontal.
Kedua jam ini menggunakan pola sandwich dial yang sama dan dengan warna yang serupa juga, matte black. kalau dilihat pada gambar di bawah, Dievas kelihatan seperti 'kakak' karena lebih bongsor dan klihatan lebih 'tua'.


 Salah satu hal yang saya suka dari Dievas ini adalah dialnya yang sterille alias tidak tercantum tulisan apapun. Dengan penampilan dan finishing yang rapih, seringkali saya perhatikan beberapa orang memperhatikan jam yang saya pakai ini. Dengan diameter 47mm dan all polished steel, Dievas ini berhasil mencuri perhatian siapapun yang melihatnya.



0 Responses So Far: