ROLEX Submariner '50th Years Anniversary'



ROLEX Submariner adalah jam yang paling banyak ditiru ide desainnya oleh produsen jam lain. Desain Submariner sangat klasik dan tetap bertahan selama puluhan tahun tanpa ada perubahan berarti. Pada tahun 2003, Rolex Submariner memperingati hari jadi-nya yang ke-50 dan untuk memperingati moment berharga tersebut ROLEX membuat sebuah edisi khusus. Desain ini tetap mengacu kepada desain dasar Rolex Submariner sebagai jam diver, perbedaan dilakukan pada pewarnaan insert bezel yang biasanya hitam, dengan warna hijau. Perubahan lain dilakukan pada desain indeks yang dibuat lebih besar (disebut sebagai maxi dial).ROLEX membuat Submariner khusus ini sampai tahun 2010.

 

Pada awal saya melihat jam ini beberapa tahun yang lalu, saya menganggap desainnya agak 'aneh' karena belum pernah saya melihat sebuah jam selam profesional yang menggunakan insert bezel berwarna hijau, apalagi diaplikasikan di sebuah Rolex Submariner. Bagi saya desainnya yang nyeleneh ini sebuah desain yang tidak berhasil. Tapi sekitar beberapa bulan lalu saya kembali melihat ROLEX anniversarry ini lagi. Pendapat 'nyeleneh' yang saya sematkan pada Rolex ini berubah menjadi kesenangan. Saya melihat Rolex Green ini sebuah desain yang unik dan berani.

 Secara fisik, ROLEX Anniversary ini sama dengan ROLEX Submariner biasa. Caing memiliki diameter 40mm dengan screwdown 'triplock' crown system sehingga dapat menahan tekanan air sampai 300m. Menggunakan Rolex in-house movement Cal.3135 yang memiliki 28,800 bph. Dan khusus untuk insert bezel menggunakan warna Green anodized aluminium dan 'pearl' luminous. Rantai Oysternya sudah menggunakan solid end links dan casing sudah tidak lagi berlubang pada sisi lugs-nya. Indeks marker yang dibuat lebih besar membuat jam ini terlihat memiliki ruang dial yang lebih 'penuh' dan ternyata menimbulkan kesan yang lebih 'berotot' daripada indeks marker biasa. Mungkin ROLEX belajar dari seri ini dan kemudian mengaplikasikan maxi dial untuk seri terbaru mereka yaitu Submariner Ceramic.


ROLEX ini terlihat eye catching ketika dikenakan, warna hijau pada bezel cukup mengambil perhatian orang lain. Dan bagi beberapa orang yang belum begitu mengenal Rolex, sebuah Submariner dengan bezel hijau selalu mengundang pertanyaan karena memang lazimnya sebuah Submariner memiliki bezel hitam.




0 Responses So Far: