LE JOUR Chronograph PVD Ref.7000



 Pada akhir tahun 70-an sampai awal 80-an, pembuat jam HEUER menerima order untuk membuat jam dengan perjanjian eksklusif untuk beberapa merk jam pada saat itu, seperti: Aristo, Clebar, hamilton, Zodiac, Le Jour, Sears dan Tradition (merek milik Sears Roebuck, serta Tourneau (jaringan toko jam yang membuat merek sendiri). Semua jam dengan merek tersebut dibuat oleh Heuer, karena itu semua desain jam dari semua merek tersebut pada jamannya memang menyerupai jam yang dibuat dengan merek HEUER. Jam dengan desain yang menyerupai Heuer ini sering juga disebut sebagai 'Poor man's Heuer'. Karena memang harga jam-jam seperti ini pada jamannya dijual dengan harga di bawah harga bandrol jam Heuer yang berdesain sama.

Pembuatan 'Poor man's Heuer' sendiri dimulai pada tahun 50-an ketika Heuer memutuskan untuk menerima membuat jam bagi klien-nya yaitu produsen jam tangan lain. Klien yang disebut-sebut pertama yang dibantu oleh Heuer adalah Aristo, Clebar dan Zodiac. Sampai sekarang saya belum bisa mengerti apa yang mendasari strategi Heuer yang mau membuatkan jam untuk produsen jam lainnya.

Salah satu contohnya dari Poor man's Heuer adalah LE JOUR Automatic Chronograph ini. Le Jour ini sama dengan HEUER Pasadena (Ref.750.510)yang memiliki desain serba hitam dengan finishing PVD untuk casing dan rantainya. Movement yang digunakan diambil dari Valjoux 7750 yang memang terkenal handal dan masih banyak dipakai oleh banyak pabrikan jam sampai saat ini.


Diamater jam ini sekitar 40mm dengan ketebalan casing sekitar 15mm. Yang saya suka dari Le Jour ini adalah penampilan secara keseluruhan yang 'misterius', serba hitam dan dengan desain dial yang sangat sporty. Warna dial dibuat matte black dengan kombinasi atraktif warna putih dan orange untuk warna jarum detik besar. Jam ini memiliki indeks yang sudah mulai menguning karena faktor usia, begitu juga dengan warna tritium pada jarum dam dan menit. Tidak seperti Le Jour PVD yang pernah saya lihat, Le Jour ini memiliki penutup case back yang juga berwarna hitam dan terdapat angka 7000 yang merupakan reference number dari jam ini.








0 Responses So Far: