GRAND SEIKO 45S High Beat 36000 bph Manual Winding


 Setelah mempelajari sejarah Seiko terutama untuk produk high-end nya seperti Grand Seiko, keinginan untuk mengumpulkan beberapa tipe Grand Seiko menjadi semakin kuat. Karena populasi dari Grand Seiko antik sangat jarang, maka waktu untuk bisa mengumpulkan tipe ini membutuhkan waktu lama. Misalnya Grand Seiko ini, saat pertama kali melihatnya 3 tahun lalu saya sudah jatuh cinta. Saat itu, tepatnya 25 Desember 2009, saya dan salah seorang rekan penggemar jam antik bertemu di dekat kantor nya di jalan Sudirman dan saat itu dia membawa jam yang baru dia dapat, sebuah Grand Seiko high-beat 36000 bph.

Satu hal yang sangat menyita perhatian saya saat itu adalah warna dialnya yang kecoklatan karena proses alami selama puluhan tahun. Warna dial yang berubah kecoklatan dipadu dengan indeks dan jarum yang terbuat dari emas serta casing yang 'dibungkus' dengan lempengan emas 18K ternyata sangat harmonis dan saling menguatkan.


Grand Seiko ini menggunakan manual high beat movement 36000 beat per hour yang diproduksi selama lima tahun sejak 1968 sampai 1974. Movement yang digunakan adalah Cal.4520 dengan 25 jewels. Seiko mengeluarkan 3 jenis Grand Seiko 45 yaitu: stainless steel. gold capped dan solid gold. Cal.45 sering disebut sebagai salah satu milestone penting dalam perkembangan teknologi movement Seiko dan dianggap sebagai salah satu the best manual winding movement yang pernah dibuat oleh Seiko. Movement ini dibuat oleh Daini Seikosha Co.

Pada tahun kelahiran generasi GS 45, kompetisi 'Observatory Chronometer' masih berlangsung dan Seiko mengirimkan 103 buah movement Cal.45 untuk mengikuti kompetisi tersebut. 'Observatory Chronometer competition merupakan kompetisi dari para pembuat movement seluruh dunia yang dilakukan oleh badan independen. Dari 103 buah movement Cal.45 yang dikirimkan, 73 buah diantaranya berhasil lolos sesuai dengan standar tingggi yang ditetapkan oleh badan tersebut. Kebanyakan dari perusahaan movement yang mengikuti kompetisi ini membuat movement khusus dan tidak untuk dibuat massal. Tapi Seiko melakukan sebaliknya, movement Cal.45 adalah movement yang akan diproduksi secara massal sampai tahun 1974.


 Diameter jam ini cukup besar sekitar 37mm. Caseback menggunakan screw back dan desain caseback dibuat rata sehingga keseluruhan jam ini terlihat tipis. Hal ini dimungkinkan karena desain Cal.45 sendiri juga tipis. Beda dengan desain Grand Seiko modern, desain lugs GS ini pendek karena pada bagian dalam dibuat rata dan tidak melengkung mengikuti sisi permukaan casing. Desain seperti ini akan membuat jam menjadi sedikit terlihat formil dan rapi ketika menggunakan strap kulit.

 Walau sudah berusia 42 tahun, jam ini diproduksi bulan Juli 1969, kecantikan Grand Seiko ini masih sangat terlihat jelas. Terutama bagaiman Seiko memberikan finishing yang detail dan teliti untuk bagian indeks, jarum dan tulisan pada dial. Apabila terkena cahaya bagian-bagian tersebut akan berpendar dan memantulkan cahaya dengan sangat jelas. Dengan finishing permukaan dial yang doff, pantulan ini menjadi semakin terlihat.



0 Responses So Far: