TAG HEUER Limited Edition Monaco Gulf


Bermula sekitar 4 tahun lalu ketika untuk pertama kalinya saya melihat jam ini di sebuah toko jam terkemuka di Jakarta dan langsung jatuh cinta. TAG HEUER Limited Edition Monaco Gulf. Saat itu saya berkeinginan bahwa jam ini suatu saat harus saya miliki. Saat itu saya kaget juga ketika pramuniaga toko tersebut menyebutkan sebuah angka mendekati 50 juta untuk harga jam yang hanya dibuat sebanyak 4000 buah saja di dunia, dan...no discount!

Sebelumnya saya juga memiliki sebuah Monaco Steve Mc Queen klasik yang berwarna biru yang merupakan icon dari Monaco dan juga Steve mc Queen yang mengenakannya dalam film 'Le Mans'. Kedua Monaco ini memiliki dimensi yang sama dan juga share movement chronograph yang sama. Yang membedakan adalah dari sisi desain dial dan penggunaan crocodile strap yang berbeda.


Desain Monaco Gulf ini juga mengacu pada film klasik "Le Mans", tepatnya mobil balap Porsche Gulf 917K yang digunakan dalam film tersebut. Ciri khas mobil tersbut adalah warnanya yang biru muda dan elemen garis dan variasi berwarna orange. Dalam desain Monaco Gulf, kedua warna tersebut di posisikan sejajar dan asymetry. Sedangkan tulisan 'GULF' sendiri sudah menjadi icon klasik dalam dunia balap mobil pada tahun 70-an. Elemen warna orange digunakan juga untuk jarum detik dan jarum kecil pada sub register.

Tag Heuer mengeluarkan untuk pertama kalinya Monaco Vintage Reedition pada tahun 2005 untuk memperingati ulang tahun Steve Mc Queen yang ke 75. Saat itu Monaco yang diproduksi sebanyak 4000 buah memiliki dial berwarna putih dengan stripe (garis) yaitu biru tua dan merah. Monaco warna putih ini (Ref.CW2118) mengambil ide dari pakaian balap yang dikenakan oleh Steve Mc Queen dalam film 'Le Mans'. Pada tahun 2007, Tag Heuer mengeluarkan kembali Monaco vintage Gulf edition dengan dial berbeda yaitu hitam (Ref.CW 211A) dan stripes warna khas Gulf..

Monaco Gulf memiliki dimensi 39x39mm dengan plexy glass sebagai penutup dial. Penggunaan plexy glass dan bukannya sapphire crystal ini adalah sebuah cara agar secara visual dan fisik Monaco Gulf ini mirip dengan versi Monaco vintage.

Monaco Gulf menggunakan automatic chronograph movement Cal.12 yang menggunakan base movement dari ETA dan modul chronograph dari Dubois Depraz. Strap menggunakan kulit crocodile berwarna hitam dengan stiching orange senada dengan variasi warna pada dial.



0 Responses So Far: