Misteri ROLEX Daytona '13' Solid Gold Ref.16528


Suatu hari, saya membeli sebuah katalog lelang Sothesby untuk pelelangan bulan Mei 2011 lalu. Sebagian besar jam tangan yang dimuat dalam katalog tersebut adalah Rolex sport vintage dari berbagai tipe (mayoritas Submariner). Kemudian mata saya tertuju pada sebuah Rolex daytona solid gold Ref.16528 dengan dial hitam. Katalog itu menyebutnya sebagai "Daytona 13". Kenapa disebut sebagai Daytona 13? coba perhatikan foto jam Daytona di bawah, terutama angka di posisi angka 3. Angka yang seharusnya terpasang adalah 15 dan bukannya 13 seperti itu karena posisi angka 3 merupakan penunjuk menit ke-15.


Dalam penjelasan posting tersebut dijelaskan bahwa jam ini dibeli pada tahun 1989 dan membeli sebuah Rolex Cosmograph daytona solid gold Ref.16528 yang merupakan seri terakhir Daytona pada saat itu. Sang kolektor langsung memakainya setiap hari. Sampai suatu kali, sang kolektor ini melihat ada keanehan pada dialnya, yaitu adanya angka 13 dan bukannya 15. Kolektor tersebut melihat ini sebagai 'kesalahan' produksi dan segera langsung menulis surat kepada Rolex di geneve untuk meminta penjelasan dan penggantian Daytona-nya. Beberapa hari kemudian, dia mendapatkan surat balasan yang ditulis langsung oleh Komisaris Rolex pada saat itu, Mr.Heinegger, yang secara resmi mengatakan bahwa memang telah terjadi kesalahan produksi pada jam tersebut. Mr.Heinegger menawarkan kepada sang kolektor untuk mengganti jam yang salah tersebut dengan rolex daytona yang baru dengan ref sama. Setelah dipertimbangkan, sang kolektor akhirnya memutuskan untuk tetap menyimpan jam tersebut karena 'kesalahan' tersebut dianggap sebagai keunikan"

Akhirnya setalah 22 tahun kemudian, Rolex yang salah tersebut di lelang di Sothesby dengan estimated price US$ 88,500 - 133,000. jam ini dijual lengkap dengan box dan paper termasuk surat konfirmasi dari Rolex mengenai kesalahan tersebut.

Sulit dimengerti oleh logika ketika sebuah jam yang salah dalam produksi akhirnya malah menjadi sebuah jam yang kolektibel. Tidak pernah ada informasi berapa banyak Rolex Daytona 16528 yang salah seperti ini karena memang kemungkinan seperti ini sangat jarang terjadi. Yang masih belum bisa saya mengerti adalah kenapa bisa brand sekaliber Rolex bisa melakukan blunder seperti ini? apa orang yang melakukan asembli ini sedang mengantuk atau melamun, atau malah disengaja? nggak ada yang tahu sebabnya..

Kalau ini terjadi pada jam merk Seiko atau casio atau Mido, apakah perlakuannya akan sama dengan Rolex ini?...hmm saya kira kok nggak ya.


0 Responses So Far: