SEIKO Automatic Power Reserve SARC 018


Suatu kali, saat sedang membuka-buka bagian 'Sales Corner' pada sebuah forum diskusi di Internet, mata saya tertumbuk pada sebuah penawaran jam yang sangat cantik ini. Bisa dibilang ini adalah 'Love at the first sight'. Saya belum pernah melihat Seiko dengan desain seperti ini dan bagi saya desain jam ini sangat sesuai dengan keinginan saya yang memang sedang mencari sebuah Seiko yang desainnya klasik dan...tidak banyak orang yang memakainya..

Seiko cantik ini memiliki ref. number SARC 018 yang merupakan produk Seiko yang hanya dibuat untuk pasar Jepang. Pemilik sebelumnya jam ini juga membelinya ketika dia sedang berlibur di Jepang.

Desain Seiko ini klasik dan unik. Jarum jam menggunakan desain dauphine atau model seperti pedang dengan warna senada dengan warna indeks dan casing, yaitu rose gold. Dial di buat dengan 2 layer yang bertumpuk. Layer pertama merupakan dasar bagi penunjuk tanggal, hari dan power reserve. Sedangkan layer kedua diatas dilubangi sesuai dengan tempat penunjuk tanggal-hari dan power reserve. Warna dial putih bersih yang sangat enak dilihat ketika dipadukan dengan warna rose gold pada indeks, jarum dan casing. Penempatan minute track pada sisi terluar dial menambah kesan klasik pada penampilan keseluruhan dan desain minute track tersebut diletakkan pada layer pertama dial. Jadi desain dial seperti memiliki 'selokan' pada pingggir dial.

Konsep utama desain Seiko ini sepertinya mengacu kepada desain Seiko vintage. Salah satu hal yang menguatkan kesan ini adalah penggunaan box-shape sapphire crystal. Kristal yang digunakan sebagai penutup dial bentuknya cembung dan bukannya rata seperti desain sapphire crystal pada jam seiko modern lainnya. Semula saya kira materialnya adalah hexalite crystal tapi setelah diketuk baru ketahuan bahwa materialnya adalah kristal.

Desain casing, lugs dan crown sangat sederhana dan seperti desain Seiko vintage umumnya. Crown memiliki kode huruf 'S' di atasnya dengan dimensi yang proporsional dengan diameter jam. Dimensi jam sendiri adalah 43x46mm termasuk lugs dan crown.

SARC 018 menggunakan movement automatic generasi terbaru dari Seiko yaitu Cal.6R21 dengan 28,800 bph dan 29 jewels. Movement ini merupakan movement yang memiliki penunjuk power reserve 45 jam. Selain untuk SARC 018, cal.6R21 juga dipakai di seri premium Seiko lain yaitu Ananta (SPB017, SPB 019 dan SPB 021). Konstruksi Cal.6R21 dapat dinikmati melalui sapphire caseback yang dibuat dengan konstruksi screw.

Salah satu yang unik dari jam ini adalah warna strap-nya. Warna yang digunakan adalah burgundy atau juga ada yang menyebutnya sebagai Oxblood color, yang memang kalau dilihat warnanya seperti warna darah, atau mungkin juga warna Red Wine. Motif-nya seperti crodoile pattern. Strap dipadukan dengan deployant buckle dengan warna senada dengan warna casing.

Penampilan Seiko ini sungguh sangat klasik dan timeless. Dengan perpaduan warna dial yang putih dan elemen desain lain berwarna rose gold, membuat jam ini tampil elegan dan formil, sangat cocok buat menemani ke resepsi pernikahan atau acara resmi lain...


0 Responses So Far: