JAEGER LeCOULTRE Memovox Vintage Cal.916


JAEGER LeCOULTRE adalah salah satu brand yang saya hormati karena memiliki filosofi dan tradisi yang mumpuni dalam dunia horologi. JLC konsisten untuk terus memproduksi secara inhouse mekanikal movement untuk jam-jam mereka dan tidak bergantung kepada pabrik produsen movement. Salah satu tipe yang ingin saya miliki adalah sebuah JLC alarm yang dinamai: MEMOVOX. JLC Memovox ini saya dapatkan dari seorang rekan yang berdomisili di Surabaya. Kondisinya masih all original termasuk mika dan rantainya.

DIAL

Memovox ini merupakan generasi tahun 70-an dimana desain jam saat itu mengalami evolusi dengan munculnya desain-desain yang retro, unik, mulai berdimensi besar dan eye catching. Warna jam dominan biru dengan centre disc berwarna lbih tua. Centre disc ini adalah lempengan yang bisa berputar sebagai penunjuk waktu dimana alarm akan berbunyi. Penampang dial terlihat lebar sekitar 36-37mm dengan desain yang menarik (IMHO) karena menggunakan indeks arabic. Logo JLC diletakkan di sebelah kiri dan tulisan JAEGER LeCOULTRE diletakkan di posisi angka 12.

Desain jarum berbentuk kotak dan berkesan modern dengan variasi berupa garis putih yang terletak di tengah-tengah jarum. Warna putih juga diaplikasikan untuk jarum detik dan warna arabic index-nya. Kombinasi antara warna dominan biru pada dial dan warna putih untuk jarum dan index terlihat menarik.

CASING

Casing jam berbentuk semi persegi dengan sudut-sudut yang membulat. Desain casing seperti ini lazim digunakan dan mulai muncul di tahun awal 70-an. Kombinasi antara casing berbentuk semi kotak dan penampang dial yang bulat terlihat menarik karena menggabungkan 2 bentuk dasar yang berbeda. Awalnya saya mengira casing jam ini sudah dipoles sehingga terlihat brushed finished. Setelah saya pelajari dengan melihat literaturnya di internet, tipe JLC ini memang menggunakan finishing casing brushed dan bukan polished. salah satu bagian yang di polished adalah bagian bezel (yang menempel dengan mika jam) dan case back.

Jam ini memiliki 2 buah crown. Crown bagian atas untuk menyetel central disc alarm dan mengisi tenaga untuk membunyikan alarm. Crown yang bawah untuk melakukan penyesuaian jarum jam dan tanggal. Setiap crown terdapat logo JL yang menunjukkan bahwa crown adalah original.

RANTAI

Rantai jam ini menggunakan model seperti desain sebuah gelang dan uniknya, rantai ini tidak memiliki claps seperti halnya rantai jam biasa. Lebar lug adalah 20mm dan mungkin akan terlihat lebih klasik kalau menggunakan tali kulit. Pada ujung rantai terdapat pengait dengan logo JL.

MOVEMENT

JLC Memovox ini menggunakan automatic Alarm caliber 916. Caliber in merupakan alarm movement modern dari JLC yang mulai diproduksi pada tahun 1970. Tidak seperti alarm movement sebelumnya, cal.916 sering juga disebut sebagai speed beat movement karena memiliki vibrasi 28,800 bph, sedangkan generasi sebelumnya (Cal.815 dan 825) merupakan low beat movement. Karena itu kalau diperhatikan gerakan jarum detil cal.916 ini sangat halus.

Speed Beat cal.916 ini diproduksi sampai tahun 1981 (11 tahun) dan selama 11 tahun itu Jaeger memproduksi sebanyak 7731 buah Memovox dengan berbagai macam variasi.

Sangat jarang saya menemui sebuah Memovox dalam keadaan yang masih bagus, rata-rata sudah mengalami kerusakan pada dial atau ada beberapa komponennya yang sudah tidak asli lagi. Memovox adalah sebuah salah satu produk khas dari JLC karena kualitas alarm-nya baik dan berbunyi nyaring. Karena size casing yang cukup besar (sekitar 38-39mm) dan berwarna biru, maka jam ini akan menarik perhatian. Love this!..


0 Responses So Far: