ROLEX Oysterdate Ref.6494 produksi 1959


Pertama kali saya lihat Rolex ini di blog milik teman. Love at first sight...! karena penasaran, maka ketika tugas di Bandung saya ingin melihat langsung fisik dari Rolex ini dan ternyata memang kondisi-nya bagus sekali (untuk sebuah jam yang umurnya lebih dari 50 tahun). Dial sudah mulai berubah warna menua karena proses yang alami, mika masih original dengan magnifier sebesar 2,5x dan jenis rantai yang masih bagus dan panjang.

Rolex Ref.6494 ini adalah generasi sebelum Oysterdate Ref.6694 dengan manual winding movement. Di produksi pada tahun 1959 dengan desain yang khas untuk 6494 yang menggunakan 2 warna untuk tanggal, yaitu warna merah untuk angka genap dan warna hitam untuk angka ganjil. Desain khas lain untuk sebuah Rolex produksi tahun 50-60an adalah desain jarum jam, menit dan detik yang unik. Bentuk jarum jam dan menit adalah model Leaf hands dengan jarum detik yang berwarna biru (blued steel). Karena faktor usia maka jarum detik sudah terlihat seperti berwarna hitam.

Rantai Rolex ini adalah salah satu hal yang saya sukai yaitu riveted oyster dengan desain antar sambungan seperti dipaku. Desain rantai ini tipis dan nyaman saat dikenakan.

Tulisan ROLEX dibuat dengan model huruf Arial dan dibuat timbul. Desain tulisan ini membuat sebuah Rolex tua menjadi lebih berkarakter. kalau diperhatikan, logo Rolex pun kelihatan lebih gemuk, berbeda dengan desain logo Rolex modern yang lebih ramping. Movement terlihat sangat terawat dan bersih karena itu tidak heran kalau jam ini berjalan dengan akurat.

Rolex ini terlihat 'low profile' ketika dikenakan karena memang penampilannya yang terlihat tua. Rantao oyster tipis membuat jam ini nyaman ketika dikenakan.


0 Responses So Far: