GRAND SEIKO Ref.5646 Weekdater


Ini adalah Grand Seiko vintage yang saya miliki sejak mulai menyenangi jam antik yag dimulai pada tahun 1997. Keinginan untuk mengumpulkan jam Grand Seiko antik semakin tinggi karena jam tipe ini kualitas fisik dan movement-nya lebih baik dari Seiko kebanyakan. Sayangnya, keberadaan Grand Seiko antik sangat sulit untuk didapat, bukan hanya karena populasinya yang memang sedikit tapi juga karena peminatnya yang semakin banyak.

Grand Seiko 5646 ini bukanlah GS terbaik yang saya miliki, kondisi sebagian dial ada yang berubah warna karena terkena cairan. Akibatnya sebagian tulisan "Automatic" hilang. Grand Seiko 5646 ini sama dengan GS yang sebelumnya pernah saya miliki, hanya saja desain casing dan jarum berbeda. Uniknya, desain jarum jam dan menit berbeda. Jarum menit dibuat lebih ramping dari jarum jam. Kesan yang muncul, seolah jarum menit dibuat dari 'sisi dalam' jarum jam karena jarum jam tengahnya berwarna hitam yang diapit logam warna steel. Sedangkan jarum menit berwarna hitam semua.

Desain casing mengingatkan saya pada desain casing Grand Seiko saya yang lain yaitu Ref.6146 GS 36.000 Bph. Lugs dibuat pendek dengan kontur casing yang curam dan tajam. Casing 5646 ini masih belum pernah dipoles sehingga sudut-sudut casing masih terlihat tegas dan tajam. Diameter casing 35mm, standar jam Grand Seiko pada umumnya. Movement menggunakan automatic hi-beat Cal.56XX yang proses asemblingnya sudah menggunakan fasilitas yang semi-automatic (sebagian sudah menggunakan robot). jam ini memiliki feature tanggal-hari yang menggunakan bahasa Inggris dan Kanji.

Salah satu 'mahkota' Grand Seiko adalah gold emblem yang berada di case back setiap GS. Gold emblem sudah terlihat ada perubahan warna (mungkin karena pengaruh keringat) karena proses pemakaian sehari-hari. Dari serial number bisa diketahui bahwa jam ini diproduksi pada tahun 1971 bulan April. Pada movement terdapat tulisan "adj to 5 pos temp" yang merupakan informasi jenis pengujian movement yang dilakukan oleh Seiko. Bandul rotor terlihat ada bekas kotoran, mungkin bandul pernah bergesekan dengan caseback sehingga berubah warna. Akurasi jam ini masih baik dan power reserve masih sekitar 40 jam. Sebuah bukti bahwa setiap produk Grand Seiko memang dibuat dengan kualitas tinggi.



0 Responses So Far: