BREITLING Original VS Palsu


Kualitas jam-jam palsu (dihaluskan dengan kata "Replika") semakin hari semakin bagus. Hali ini bisa dilihat dari kualitas dan detail dari setiap sudut jam-jam palsu yang semakin rapih. Sebelumnya saya pernah membahas perbandingan antara Panerai asli dan palsu, dan menurut amatan saya, kualitas panerai palsu sudah sangat bagus.

Kali ini saya coba bandingkan Breitling asli dan palsu. Gambar jam yang ada di posting ini saya ambil dari internet. Yang pertama saya bandingkan adalah tipe Super Ocean heritage yang menurut saya kualitas palsunya sudah baik dan rapih.

Pertama, indeks balok pada Super Ocean Heritage asli dibuat lebih mengkilat permukaannya. Untuk ukuran dan bentuk antara kedua Breitling ini nyaris serupa, hanya finishing akhir saja yang membedakan.

Kedua, Huruf "P" pada tulisan "Super Ocean" berada diatas huruf "A" pada tulisan "Automatic" yang berada di bawahnya. Sedangkan pada SO Palsu, huruf "P" berada diatas huruf "U".

Ketiga, seperti pada jam-jam palsu lainnya, letak dan dimensi angka untuk tanggal berbeda dengan yang asli. Tanggal pada SO asli terlihat dekat dengan permukaan dial, sedangkan tanggal pada SO palsu seperti 'tenggelam' pada dial. Dimensi angka pada SO asli juga terlihat penuh sesuai dengan kotak untuk penunjuk tanggal.

Perbandingan berikutnya adalah untuk Breitling Serie Speciale "The Fighters".

Pertama, Seperti halnya dengan desain 'Serie Speciale' lain dari Breitling biasanya dibuat dengan finishing casing Brushed steel dan tidak polished seperti jenis Breitling pada umumnya. Breitling 'The Fighters' palsu menggunakan finishing steel polished sehingga secara langsung terlihat jelas perbedaannya.

Kedua, Crustal yang digunakan oleh The Fighters asli sudah mengggunakan lapisan anti relfective yang membuat penampilan dial menjadi lebih jelas. Sedangkan yang palsu hanya menggunakan crustal biasa sehingga seringkali memantulkan cahaya.

Ketiga, angka-angka yang tercetak pada inner static bezel pada The Fighters palsu terlihat lebih kecil daripada yang asli.

Keempat, lambang Breitling terutama pada sayap pada The Fighters palsu terlihat lebih kecil. Tapi hal ini sekilas tidak terlihat perbedaaanya dengan yang asli karena perbedaannya sangat sedikit.

Kelima, dimensi dan jenis angka yang digunakan pada The Fighters palsu terlihat berbeda dan lebih kecil.

Ke-enam, indeks batang pada the fighters palsu terlihat lebih tebal dan lebih panjang.

Ketujuh, gerigi pada rotating bezel The Fighters asli terlihat lebih menonjol dan runcing, sedangkan yang palsu cenderung tumpul.


Bagian lain yang bisa diidentifikasi adalah caseback. Pada caseback The fighters palsu terdapat kesalahan cetak terutama pada tulisan "MESSERSCHMITT Bf 109', sedangkan pada Breitling palsu ditulis "MESSERCH 1177 31109".


0 Responses So Far: