JAEGER Le COULTRE Reverso Grande Date 8 Days


Sudah lama saya tertarik dengan desain Jaeger LeCoultre Reverso. Bagi saya, Reverso adalah sebuah 'warisan' yang iconic dari era art deco dalam sebuah bentuk segiempat yang sederhana dan klasik. Beberapa tahun lalu saya pernah mendapatkan sebuah Reverso, hanya saja desainnya kecil dan agak 'aneh' saat saya pakai. Dan saya menunggu Reverso yang lebih modern dan dengan desain casing yang lebih besar. Penantian saya akhirnya berakhir minggu lalu!..

Desain Reverso pertama kali dibuat pada tahun 1931 dan desain Reverso klasik tidak mengalami banyak perubahan sampai saat ini, kecuali pada dimensi yang dibuat lebih besar. Jaeger Reverso merupakan sebuah jawaban dari sebuah keinginan para pemain Polo profesional yang ingin memiliki sebuah jam yang bisa dikenakan saat mereka bermain polo. karena itu desain casing Reverso dibuat 'rangkap' dengan casing utama 'menumpang' pada landasan dan bisa diputar. Desain unik ini akhirnya dipatenkan dan tidak bisa dipakai oleh produsen jam lain. Ciri khas Reverso yang tetap dipertahankan hingga sekarang adalah desain persegi empat dengan hiasan garis horisontal di atas dan bawah.


CASING

Jaeger memperkenalkan edisi Reverso Grande Date ini pada SIHH tahun 2003, namun secara resmi produk ini belum dijual ke publik sampai akhir 2003. Produk reverso generasi baru ini memiliki dimensi yang besar, dengan ukuran panjang lug to lug 46,5mm dan lebar 30mm. Dengan dimensi seperti ini, Reverso menjadi terlihat lebih apik jatuhnya di pergelangan saya. Tidak seperti Reverso generasi sebelumnya, Reverso Grande Date memiliki desain crown yang lebih besar dan terlihat mantap dan mudah ketika digunakan.


DIAL

Desain dial tetap menggunakan desain khas Reverso yang menggunakan indeks arabic number. Indeks ini dibuat dengan cara sablon warna hitam. Finishing dial menggunakan pola guilloche berwarna silver yang seolah diberi 'frame' oleh bagian Indeks. Finishing Guilloche ini menarik karena dibuat dengan sangat rapi dan efeknya terlihat cantik ketika terkena cahaya. Pada dial juga terdapat feature Tanggal yang berukuran besar (grande date), jarum detik di posisi kanan dan penunjuk power reserve 8 days di posisi angka 10.30. Saya melihat komposisi antara tanggal, power reserve dan jarum detik cukup unik karena tidak seperti desain jam pada umumnya yang seringkali memiliki 'pakem' bahwa posisi jendela tanggal selalu di posisi angka 12, 3, 6 atau 9. Sedangkan Reverso Grande Date ini posisi tanggalnya di posisi angka 6.30 !..

Jarum jam, menit, detik dan power reserve terbuat dari blued steel dan terlihat menawan ketika dilihat di bawah cahaya.


MOVEMENT

Reverso Grande Date ini menggunakan manual winding movement 8 days Cal.875. Movement 8 days sendiri pertama kali diproduksi oleh Jaeger sejak tahun 1919 untuk jam kantong mereka dan digunakan pertama kali pada sebuah jam tangan pada tahun 1931. Movement 8 days Jaeger merupakan salah satu legenda dan memiliki performance yang tangguh. Movement ini sebenarnya memiliki power reserve lebih dari 8 hari dan karena itu Jaeger memastikan bahwa ketika disebutkan 8 days, maka power reserve movement ini benar-benar 8 hari. Cal.875 yang digunakan dalam Reverso Grande Date ini merupakan high-beat 28,800 bph dengan semua pembuatan, asembling dan dekorasi dibuat secara manual. Memiliki 25 jewels dan terdiri dari 224 bagian (parts). Penampilan movement legendaris ini bisa dilihat dari sisi lain casing. Desain movement terlihat sederhana karena hampir 80% bagian movement ditutup.


Gambar di bawah saya ambil dari internet. Terlihat detail dari movement 8 days yang di dekorasi secara manual dengan pola 'cotes de Geneve'. Agar bisa memiliki power reserve 8 hari (dan benar-benar 8 hari), teknisi jaeger mendesain movement Cal.875 ini dengan 2 spring barrels. Salah satu hal menarik dari cal.875 ini adalah penggunaan double disk untuk tanggal yang bergerak secara independen. Prinsip ini merupakan teknologi yang didesain oleh jaeger dan kemudian dipatenkan.

STRAP

Setiap jam produksi Jaeger yang pernah saya lihat dan saya ketahui selalu dilengkapi dengan crocodile strap yang dibuat dengan kualitas yang sangat baik dan halus. Pola crocodile skin yang diambil memiliki pola yang menarik dan klasik. Strap crocodile reverso ini berwarna coklat tua dan dibuat tebal di ujung yang dekat dengan lugs. Sayangnya, reverso ini tidak dilengkapi dengan deployant buckle yang original, mungkin deployant asli sudah rusak.

OVERALL

Reverso Grande Date 8 days ini memiliki dimensi yang sangat pas secara proporsi dan estetika. Tidak terlalu kecil dan juga tidak terlalu besar ketika dipakai. Desain yang sederhana dan klasik tidak membuat jam ini menjadi penarik perhatian. Namun dibalik kesederhanaan desain, reverso ini memiliki movement yang klasik, legend dan tangguh.



0 Responses So Far: