BREGUET TransAtlantique Automatic Chronograph


Breguet Chronograph ini adalah salah satu jenis jam yang sudah lama saya tunggu. Sebelumnya pernah beberapa kali meneria titipan untuk menjual jam sejenis, tapi waktu itu belum ada keinginan kuat untuk memiliki. Sampai akhirnya beberapa bulan lalu, saya mulai punya keinginan untuk memiliki jam ini yang menurut saya sangat klasik dan desainnya menarik. Saya mulai identifikasi siapa saja teman saya yang memiliki jam sejenis. Seorang rekan tidak mau menjual jam Breguet-nya karena dia juga masih suka, sedangkan teman yang lain baru saja menukar jam Breguet-nya dengan jam lain. Akhirnya, tanpa disangka-sangka seorang teman ternyata baru saja mendapat Breguet ini dan langsung saja saya simpan...

Breguet yang baru saya akuisisi ini merupakan tipe XX dan merupakan tipe Breguet yang desainnya mengacu pada Breguet tipe sejenis yang diproduksi pertama kali tahun 1954 dan merupakan pesanan khusus Angkatan Bersenjata Perancis. Ada 3 buah Breguet tipe XX modern yang desainnya memiliki banyak kemiripan. Tipe XX modern pertama kali diproduksi pada tahun 90-an dengan keluarnya tipe Aeronavale. Tipe inilah yang desainnya mendekati versi aslinya yang juga tidak menggunakan tanggal. Pada periode selanjutnyam, akhir 90-an Breguet mengeluarkan tipe Transatlantique XX yang memiliki perbedaan dengan desain Aeronavale. Transatlanique dilengkapi dengan tanggal dan memiliki bezel dengan finishing brushed dan bukan polished seperti tipe sebelumnya. Generasi selanjutnya diberi nama Transatlantique XXI yang memiliki detail desain yang berbeda dengan ukuran yang lebih besar pula.

Diameter Breguet ini tidaklah besar (dibandingkan dengan trend jam sekarang), hanya 39mm saja. Desain secara keseluruhan mengacu pada desain tipe XX tahun 1956. Bezel dibuat dengan finishing brushed steel dengan indekx minute counter yang khas. Desain dial hitam dengan kombinasi sub register berwarna abu-abu dan ini baru terlihat apabila dial terkena cahaya. Indeks pada dial menggunakan arabic number sehingga kesan jam militer sangat terasa. Jarum jam dan menit masih terlihat bersinar terang dalam gelap.

Seperti halnya jam Breguet yang lain, jam ini juga dibuat dengan elemen estetika yang tinggi. Sebagai contoh, dan merupakan salah satu elemen desain yang banyak digunakan dalam jenis Breguet yang lain adalah finishing sisi casing yang dibuat berkontur. Mungkin untuk sebuah jam dengan kesan militer agak 'too fancy'. Menurut saya pribadi, penambahan detail seperti ini tidak lah begitu mengganggu. Pada crown terdapat logo huruf B. Jam ini menggunakan sapphire crystal yang dibuat cembung, dan akan sangat terlihat bila dilihat dari samping. Sepintas mirip dengan mika pada jam-jam vintage. Mungkin pemakaian crystal cembung seperti ini mengikuti desain asli tipe XX.

Transatlantique menggunakan solid caseback dan begitu juga dengan seri Aeronavale. Transatlantique menggunakan automatic chronograph movement produksi Lemania dengan Cal.1370 (dengan feature tanggal) dan Breguet menamakan movement ini sebagai Cal.582Q. Lemania kini dimiliki oleh Breguet jadi bisa dikatakan bahwa Cal.1372 adalah inhouse Breguet. Lemania membuat cal.1372 ini khusus dan hanya digunakan oleh Breguet Transatlantique. Movement Breguet ini menjadi perbincangan yang menarik dalam sebuah forum karena cal.137X merupakan hasil evolusi dari movement Lemania sebelumnya. Brand EBEL dan ULLYSE NARDIN pernah juga menggunakan movement ini dengan modifikasi tertentu berdasarkan kebutuhan mereka. Misal, Ullyse Nardin mengggunakan movement Lemania ini sebagai basis dalam pembuatan automatic perpetual calendar mereka. Dan Breguet menyempurnakan movement ini dengan menambahkan feature flyback chronograph.

Perbedaan lain Transatlantique dengan Aeronavalae adalah penggunaan croco strap yang berbeda warna. Transatlantique menggunakan croco strap berwarna hitam dengan stiching putih, sedangkan Aeronavale menggunakan croco coklat. Dalam buku 'Cult Watches', Breguet tipe XX merupakan salah satu cult desain yang menjadi legenda....karena itu saya suka!..


0 Responses So Far: