ROLEX Oysterdate Ref.6294, Rare Rolex from early 50s


Sudah beberapa lama saya mulai jenuh dengan jam antik Rolex entry level yang 'begitu-begitu saja': datejust atau oysterdate dengan jarum lurus, dial satin atau putih dll. Karena itu perburuan sekarang lebih difokuskan untuk mendapatkan jam-jam tua rolex yang masih menggunakan jarum model pedang (dauphine) dan daun (leaf). Perburuan menjadi semakin menantang dan butuh waktu lebih lama karena jam-jam tua model seperti ini lebih sulit didapat dan seringkali kondisinya mengecewakan (untuk kategori jam tua). Hal ini biasanya karena faktor usia jam yang seringkali sudah lebih dari 50 tahun.

Beberapa hari lalu saya mendapatkan sms "Pak, aku ada Rolex puter 6294 tua brg bgs, plat hitam kotak-kotak, rante tipis paku. thn 53". Kalau ROLEX produksi tahun 1953 berarti usia jam sudah 58 tahun dan saya nggak bisa bayangkan kondisi bagus itu seperti apa. Dan ROLEX ref.6294 sebelumnya memang nggak pernah saya dengar dan lihat.
ROLEX Ref.6294 ternyata adalah jenis ROLEX OYSTERDATE generasi pertama yang diproduksi pada awal tahun 50-an. ROLEX 6294 yang saya dapat ini diproduksi pada kwartal ke-IV tahun 1953 dan merupakan produksi pertama. Pada casing bagian lugs terdapat tulisan BREVETTE dan tulisan ROLEX pada caseback masih menggunakan hiasan kembang (mahkota) ROLEX. Diameter casing 34mm hampir sama dengan generasi Oysterdate setelahnya.

Ternyata yang disebut dengan plat 'kotak-kotak' adalah finishing waffle dial yang memang coraknya berbentuk kotak-kotak, tidak seperti corak dan pola honeycomb dial yang cenderung berbentuk pola 'belah ketupat'. Desain waffle dial hanya digunakan oleh ROLEX pada periode tahun 50-an dan setelahnya corak honey comb yang digunakan. Dial berwarna black matte dengan tulisan berwarna emas. Salah satu hal yang saya sukai dari ROLEX produksi tahun 50-60an adalah penggunaan indeks yang menurut saya lebih artistik. Tidak seperti ROLEX generasi tahun 70-an yang hanya menggunakan satu jenis desain indeks yaitu berbentuk balok. Indeks untuk penunjuk angka selain angka 6 dan 9 menggunakan desain mata anak panah sedangkan untuk penunjuk angka 6 dan 9 menggunakan desain model menyerupai peluru. Tulisan ROLEX dibuat dengan huruf arial dan dibuat timbul. Contoh nilai artistik lain adalah kotak penunjuk tanggal yang dibingkai dengan warna emas.

Keunikan dari 6294 ini adalah semua tanggalnya berwarna merah. Biasanya ROLEX tua produksi periode tahun 50-an menggunakan tanggalan merah-hitam dan setelah itu diganti dengan tanggalan berwarna hitam semua. Namun pada periode awal tanggalan dibuat semuanya dengan warna merah.

Rantai 6294 ini merupakan rantai bawaan dari periode tahun 50-an. Bentuk rantainya sangat khas karena bentuknya unik, memiliki 'paku klem' di tiap sambungan dan desainnya yang tipis. Rantai model seperti ini agak sulit untuk mengurangi mata rantai karena harus membuka salah satu lempengan penyambung rantai.

Movement yang digunakan adalah manual winding cal.740 yang menggunakan bearing bertuliskan 'super balance'. Pada caseback bagian dalam terdapat banyak goresan tanda jam ini rutin di service di Rolex Service Centre, karena itu tidak herannya kalau jam ini masih berfungsi dengan baik.


0 Responses So Far: