Jam-Jam Mekanik yang Tidak Biasa: Sebuah Inovasi..


Jam-jam dengan movement mekanik ternyata mampu melewati badai jam quartz pada awal tahun 70-an sampai tahun 80-an. Beberapa merek ternama masih konsisten untuk selalu memproduksi jam-jam mekanik tanpa harus mengorbankan jalur produksi dengan menggantinya menjadi produsen jam-jam quartz. Movement mekanik menjadi salah satu hal yang tidak bisa dilepaskan dari prestige, seni dan bukti inovasi dari para watchmaker yang ingin tampil dengan sesuatu yang baru dan mengagumkan di dunia horologi. Posting kali ini ingin menunjukkan beberapa jenis jam yang memiliki movement mekanik yang sangat innovative dan sangat menarik. Banyak sekali inovasi-inovasi baru dalam mendesain sebuah movement mekanik, beberapa dari mereka akan saya ceritakan disini.

ULYSSE NARDIN FREAK

Tahun 2001, ULYSSE NARDIN (UN) menggemparkan dunia horologi dengan keluarnya sebuah produk yang innovative dan diberi nama FREAK. Jam ini di desain oleh LUDWIG OECHSLIN, chief engineer dari brand UN yang sangat dihormati karena inovasi dan ide-idenya. Contohnya adalah jam THE FREAK ini. Tidak seperti jam tangan pada umumnya, THE FREAK tidak memiliki jarum jam, menit dan detik sama sekali! penunjukan waktu dilakukan oleh movementnya langsung, yang berputar secara konstan. Jam ini membutuhkan mainspring yang besar yang diletakkan di bawah movement, yang memberikan cukup energi untuk menggerakkan seluruh movement. Konstruksi movement yang bawah untuk menunjukkan jam dan yang atas sebagai penunjuk menit. Jam ini juga tidak memiliki kenop/crown. Mengatur 'jarum' jam dan menit adalah dengan memutar case back dan bezel. Karena itu desain case jam ini menerupai sandwich/ burger yang terdiri dari dua bagian terpisah yang disatukan dengan sebuah lapisan kedap air dan bisa berputar. Movement penunjuk jam dan menit masing-masing memiliki gear train yang mengelilingi dial bagian dalam sebagai 'jalan' bagi movement untuk bergerak sekaligus menunjukkan waktu.


TAG HEUER MONACO V-4

Pada tahun 2004, TAG HEUER memperkenalkan prototype dari jam ini yang diinspirasi oleh konstruksi mesin mobil. Dan tahun 2009 TAG HEUER secara resmi memproduksi tipe ini untuk dijual. V4 menggunakan sabuk tipis yang terbuat dari high-performance polymer untuk menggerakkan jarum. Selain itu V4 ini juga memiliki desain winding rotor yang linear (segaris) yang diletakkan pada 4 bagian berbentuk V berpasangan, karena itu disebut sebagai V4. TAG HEUER hanya memproduksi tipe ini sebanyak 150 buah saja dan harga jual perbuah mencapai USD 80,000.


JACOB & CO. QUENTTIN

Melihat QUENTTIN dari JACOB & CO sepintas bukan seperti jam karena jam ini menggunakan roda-roda silinder sebagai penggerak dan pemberi tenaga. Jam ini memiliki power reserve 31 hari yang di supply dari 7 buah roda berwarna emas yang dipasang vertikal. ourbillon dletakkan di sisi kanan jam berdekatan dengan pengait untuk memutar barrels pengisi tenaga. Penunjuk waktu dan calendar diletakkan secara linear disisi bawah jam dengan menggunakan roda silinder juga. Jam ini berukuran besar yaitu 56x47mm dengan tebal 26,5mm. Jam ini merupakan jam yang sangat eksklusif dan dijual dengan rentang harga USD 250,000 - 300,000.
PARMIGIANI FLEURIER BUGATTI 370

PARMIGIANI membuat jam ini dengan mengambil inspirasi dari mesin mobil BUGATTI. Konstruksi movement ini unik karena horisontal yang memiliki 5 lapis seperti halnya burger yang berlapis-lapis. Penunjuk waktu diletakkan di satu sisi dengan desain yang memudahkan si pemakai mengetahui waktu saat mengendarai mobil. Movement ini adalah cal.370 yang memiliki power reserve selama 10 hari. Penunjuk power reserve ini diletakkan diatas bidang jam berbentuk roda berputar yang diberi angka 1-10. Untuk mengisi tenaga jam, pemakai menggunakan tools khusus yang diletakkan di bawah bidang jam dan diputar. Untuk bisa mendapatkan jam ini perlukan dana sebesar USD 280,000.


JAEGER LeCOULTRE REVERSO GRANDE COMPLICATION TRYPTIQUE

Jaeger memiliki ciri khas pada desain Reverso, yaitu jam yang memiliki 2 buah wajah. Tapi bagaimana dengan jam yang memiliki 3 wajah? hal itu belum terealisasi sampai tahun 2006 ketika JLC mengeluarkan TRYPTIQUE. Seperti tipe REVERSO lainnya, case jam dapat diputar 180 derajat sehingga bisa dilihat sisi sebaliknya. Dan dial ketiga terletak di bidang dasar case yang bisa diputar. Dial kedua (di sisi sebaliknya) ini berisi informasi mengenai astronomi seperti posisi bintang dan matahari pada setiap zodiac, waktu sunset dan sunrise dll. Dial ketiga yang berada di dasar case berisi informasi mengenai perpetual calendar. Pada sisi muka jam diperlihatka jenis escapement baru yang digunakan oleh JLC yang dinamai "Isometer".


F.P JOURNE CHRONOMETRE A RESONANCE

Jam ini diluncurkan pada tahun 1999 merupakan jam pertama F.P Journe setelah dia secara total terjun memproduksi jam dengan menggunakan namanya sendiri. Salah satu hal yang membuat jam ini istimewa adalah karena jam ini memiliki 2 movement yang masing-masing balance dari tiap movement membantu movement lainnya untuk menjaga akurasi. Karena itu jam ini disebut sebagai RESONANCE. Getaran dari satu balance memberipengaruh pada balance lainnya dan hal ini berpengaruh pada tingkat akurasi yang selalu terjaga. F.P Journe mengaakan bahwa 2 buah balance yang bekerja bersama dapat mengurangi efek negatif yang disebabkan oleh faktor luar. Karena jam ini memiliki 2 movement, maka dialnyapun memiliki 2 buah penunjuk waktu yang berbeda.


CHRISTOPHER CLARET DUAL-TOW

Jam ini pertama kali diperkenalkan ke publik tahun 2009. Christopher Claret dikenal sebagai watchmaker yang punya spesialisasi membuat movement complicated dan unik. Keunikan dari DUAL TOW ini adalah sebuah chronograph Tourbillon yang akan berbunyi (berdenting) ketika fungsi chronograph difungsikan atau dimatikan. Keunikan lain adalah penggunaan dua buah karet seperti ban berjalan yang menginformasikan menit dan jam.


0 Responses So Far: