Serba "Ter/paling..." dalam Dunia Horologi


Banyak hal yang menarik dalam dunia Horologi ini, termasuk diantaranya adalah jam apa yang ter atau paling...sedunia. Bahasan kali ini hanya menyebutkan jam tangan dan tidak mengikutsertakan jam kantong. Enjoy reading!...

THE HARDEST METAL CASE

Sudah lama orang mengenal Rado sebagai pinoeer dalam hal pemakaian material yang scratchproof dan logam berbahan keras serta keramik dalam desain dan produk jamnya. Dan dunia horologi dikagetkan dengan apa yang dilakukan oleh produsen jam URWERK, yang memiliki ciri desain yang khas, dalam produksi jam terbaru mereka. Jam ini diberi nama Urwerk 103.08 TiAIN, dan dikenalkan sebagai jam yang menggunakan material untuk casing paling keras. TiAIN menunjukkan material yang digunakan untuk membentuk case jam ini yaitu Titanium Aluminium Nitride. Teknologi TiAIN ini biasanya digunakan untuk melapisi alat-alat khusus. Lapisan TiAIN yang digunakan adalah setebal 4 micron dan hal ini mampu menggandakan tingkat kekerasan, anti korosi, anti goncangan bahkan kadar asam dari sebuah logam. Berikut adalah tingkat ketahanan logam dibandingkan dengan TiAIN:

Gold: 380 vickers
Baja: 600 vickers
TiAIN: 4,000 vickers
Vickers adalah satuan tes kekerasan logam)


THE LIGHTEST TOURBILLON MECHANICAL

Tourbillon teringan yang pernah dibuat sampai saat ini adalah Tourbillon yang dipasang pada jam RICHARD MILLE RM 027 Rafael Nadal. Richard Mille sepertinya hendak mematahkan keraguan bahwa jam mekanik tourbillon tidak bisa dipakai untuk kegiatan olah raga yang berat dan penuh benturan, salah satunya adalah Tennis. Richard Mille membuat jam khusus ini dengan sangat tanguh dan tentu saja sangat ringan. Tourbillon yang dibuat adalah tourbillon paling ringan dengan berat hanya 3,83 gram). Berat total jam beserta strap nya adalah kurang dari 20 gram. RM 027 dibuat dari campuran logam Aluminium, Zirconium, Copper dan magnesium. Campuran logam seperti ini banyak digunakan pada teknologi dirgantara seperti material yang digunakan pada pembuatan pesawat Airbus A380, satelit, roket dan mobil balap F1. Untuk jam ini, Richard Mille hanya membuat sebanyak 50 buah saja dengan harga jual USD$525,000.

Dalam idenya, Richard Mille ingin membuat jam mekanik yang bisa dikenakan saat seorang atlet bertanding. Ini tidak biasa dilakukan oleh brand lain yang memakai seorang pesohor sebagai ambasador mereka. Kebanyakan dari mereka tidak menggunakan jam tersebut saat beraktifitas olah raga. Seorang petenis tidak menginginkan adanya 'gangguan di tangan' yang dapat mempengaruhi konsentrasi dan kekuatan mereka selama bertanding. Karena itu Richard Mille membuat jam ini begitu ringan sehingga seorang Rafael Nadal tidak akan merasa bahwa dia sedang mengenakan jam tangan saat dia bertanding.


THE SMALLEST MECHANICAL MOVEMENT

Kalau movement mekanik jam berukuran besar mungkin tidak begitu 'menantang' para watchmaker, bagaimana kalau movement mekanik itu dibuat dalam ukuran yang mini? sampai saat ini movement jam mekanik terkecil masih dipegang oleh Jaeger LeCoultre Cal.101, sebuah manual wound movement yang memiliki 19 jewels. hebatnya adalah, Jaeger telah berhasil membuat movement ini pada tahun 1929! dan Cal.101 merupakan hasil evolusi dari versi mini pertamanya. Kalau pada movement asli pada tahun 1929 memiliki 78 buah parts, cal.101 modern memiliki 98 buah parts. Perubahan sebanyak 20 buah parts ternyata tidak mengubah ukuran movement dan ini berarti semua parts yang ada ukurannya lebih kecil. Movement ini begitu kecilnya sehingga dengan mata telanjang nyaris tidak menyerupai sebuah movement jam. Dimensinya adalah panjang 14mm, lebar 4,8mm dan tebal 3,4mm. Dan beratnya? cukup 1 gram saja!

Kalau anda perhatikan dengan seksama gambar movement diatas, watchmaker di Jaeger tetap tidak melupakan unsur estetika dalam membangun movement tersebut. beberapa bagian tetap dihias dengan ukiran tangan hasil ketelitian dan ketelatenan para watchmaker di JLC. Karena kerumitan dan dimensi yang sangat kecil ini, Jaeger tidak membuat cukup banyak Cal.101 ini. Sejak tahun 1929 sampai sekarang hanya diproduksi sebanyak 2000 buah movement saja. Salah satu alasan lain dari sedikitnya jumlah produksi adalah tidak praktisnya movement sekecil ini untuk dimasukkan dalam sebuah jam tangan wanita. Mungkin pemakai akan malas untuk memutar jam agar bisa dipakai atau mereka ingin cara yang lebih praktis yaitu dengan membeli jam dengan movement quartz. Gambar di bawah adalah salah satu contoh jam produksi Jaeger yang menggunakan Cal.101.


THE LOUDEST MECHANICAL ALARM

Saat ini, Vulcain adalah produsen jam yang mampu membuat jam mekanik dengan fungsi alarm terbaik dan juga terkeras suaranya di dunia. Dari sekian banyak tipe jam Vulcain, tipe apa yang memiliki suara terkeras? jawabannya adalah: AVIATOR GMT "THE DRAGON". Tipe ini hanya dibuat sebanyak 30 buah saja dengan menggunakan desain Naga sebagai salah satu mythology China. Movement yang digunakan adalah manual winding Cricket Cal.V-13 yang memiliki tingkat 'kebisingan' atau kerasnya suara sebesar 109,6 decible, cukup keras untuk membuat anda kaget dan terbangun dari tidur..


THE MOST COMPLICATED WRISTWATCHES


FRANCK MULLER memang pantas menyebut dirinya dan produk jamnya sebagai "The Master of Complication" karena pada awal tahun 2010 FM mengeluarkan sebuah jam tangan yang memiliki fungsi paling banyak di dunia (The most complicated). Produk yang hanya dibuat 1 buah saja itu diberi nama AETERNITAS MEGA 4. Berikut adalah spesifikasinya:
1. memiliki 36 jenis fungsi: tourbillon, perpetual calendar, chronograph, minute repeater, date dll. (25 diantaranya terlihat di dial) 2. terdiri dari 1,483 komponen 3. penghitung calendar otomatis (perpetual) selama 1000 tahun AETERNITAS MEGA 4 adalah impian dari semua watchmaker dan pencinta jam, dimana hampir semua fungsi jam bisa dimasukkan dalam sebuah jam dan bisa dikenakan. Karena selama ini jam yang memiliki fungsi paling banyak seringkali ditemui dalam sebuah jam kantong. Jam ini dibuat selama 5 tahun oleh watchmaker dari FM. Aeternitas mega 4 produksi pertama ini akhirnya dibeli oleh seorang kolektor jam dari USA sebesar USD$ 2,700,000. Saat ini, FM sedang menyiapkan Aeternitas mega 4 yang kedua untuk dijual ke masyarakat, kita tunggu saja 5 tahun kemudian...
Berikut adalah beberapa fungsi yang terdapat pada jam AETERNITAS MEGA 4.


THE DEEPEST DIVING CHRONOMETER WATCH

ROLEX Seadweller DEEP SEA merupakan jam diver terdalam (3,900m) yang telah lolos uji akurasi dan bersertifikat Chronometer. Rolex membuat jam ini sebagai jawaban dari keinginan para diver profesional yang menginginkan sebuah jam yang kokoh sekaligus akurat. Rolex menggunakan Ringlock system, helium valve dan Triplock winding crown yang mendukung fungsi jam ini.

THE LONGEST POWER RESERVE WATCH

Salah satu kemajuan dunia horologi dapat dilihat dari seberapa lama sebuah jam dapat menyimpan tenaga. Karena penambahan power reserve sebuah movement membutuhkan penelitian, percobaan dan emolusi teknologi movement. Lamanya power reserve yang umum adalah 42 jam seperti yang dibuat oleh pabrikan ETA. Panerai membuat terobosan dengan membuat power reserve selama 10 hari. namun tidak ada yang menyamai Lange & Sohne dalam urusan ini, karena mereka mampu membuat movement yang dapat menyimpan tenaga selama 31 hari! Teknologi itu diaplikasikan pada tipe A. Lange & Sohne Lange 31.

Bagi teknisi di Lange & Sohne, bukan saja sulitnya konsep yang diusung oleh movement yang memiliki power reserve 31 hari, tapi lebih kepada bagaimana menjaga akurasi jam ini agar tetap berdetak secara konsisten selama 31 hari (744 jam). Jam ini memiliki alat khusus yang berguna untuk memutar dan memberi tenaga movement ini untuk 31 hari ke depan. Lange membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk dapat merealisasikan konsep ini ke dalam produksi. Movement yan sudah jadi diuji beberapa tahun sampai teknisi di Lange yakin bahwa movement ini akan bisa berfungsi seperti yang diharapkan dan memiliki akurasi yang tinggi juga. Lange tidak memiliki batasan waktu dalam memproduksi movement yang fenomenal ini. Hal ini sejalan dengan etos kerja orang Jerman pada umumnya: "DO IT RIGHT THE FIRST TIME, NO MATTER HOW LONG IT TAKES". Jam ini berukuran besar (45,9mm) dan dibuat dengan material platinum dan rose gold. Harga yang ditawarkan lebih dari USD$ 300,000.
THE MOST ANTI MAGNETIC WATCH EVER MADE !

Sebutan ini pantas disandang oleh sebuah jam keluaran IWC dari seri INGENIUR ref.3508, 3518, 9238 dan 9265, karena jam ini mampu menahan pengaruh magnetic sampai 500,000 A/m. Merek lain yang diketahui membuat jam seperti ini adalah ROLEX dengan seri MILGAUSS, yang di desain dapat menahan pengaruh magnetic sebesar 80,000 A/m. Berarti IWC ini dibuat untuk mampu menahan pengarug magnetic 6X lebih dari apa yang telah dibuat oleh ROLEX. Dan sampai sekaran memang jam IWC ini adalah jam dengan ani magnetic terbesar yang pernah dibuat!.
IWC memproduksi jam ini ada periode 1989 sampai 1993. IWC membuat jam ini menjadi anti magnetic bukan hanya pada desain dan material untuk casing, tapi juga beberapa bagian dari movement dibuat dari bahan yang anti magnetic. Jam ini menggunakan basis movement dari ETA Cal.2892 A-2 yang dimodifikasi dengan melakukan beberapa inovasi, seperti balance spring yang dibuat dari material Niobium Zirconium. Ternyata material anti magnetic ini memiliki kelemahan yaitu sensitif terhadap perubahan suhu, sehingga produk ini tidak bisa mendapatkan sertifikat uji akurasi Chronometer. Inovasi yang dilakukan IWC pada movement dan material yang digunakan membuat project ini merupakan project mahal. Hal itu berpengaruh kepada jumlah produksi jam ini yang hanya sedikit. Sebuah sumber mengatakan bahwa IWC hanya mengeluarkan sebanyak 1,500 buah saja. Penggemar IWC khususnya tipe INGENIUR mungkin tidak tertarik dengan tipe ini karena ukurannya yang kecil, 34mm, tidak seperti tipe Ingeniur produksi sebelumnya.


0 Responses So Far: