GRAND SEIKO Ref.43999 2nd Generation


Semakin sering saya membaca ulasan Grand Seiko baik dari segi filosofi desain, perkembangan teknologi movement yang digunakan ataupun dari kualitas buatannya, saya semakin yakin untuk pelan-pelan mengumpulkan seri ini. Incaran saya sejak lama adalah GS produksi lama yang menurut saya sangat layak untuk dikoleksi dan memiliki value yang tinggi. Keinginan untuk memiliki sebuah GS antik dari periode awal akhirnya tercapai setelah seseorang menawarkan jam ini kepada saya.

Grand Seiko Ref.43999 sering disebut sebagai 'The highest quality Masterpiece of Low Beat' dari Seiko. Movement yang digunakan adalah Cal.430 yang merupakan pengembangan dari Cal.3180 yang digunakan pada Grand Seiko generasi pertama. GS 43999 merupakan generasi kedua dari Grand Seiko yang pertama kali menggunakan calendar dan casing yang water proof.

CASE

Casing GS 43999 ini kelihatan kokoh karena penggunaan desain heavy lugs, yang tebal dan terlihat lebih besar dari lugs jam pada umumnya. Desain casing sudah dibuat dengan konstruksi water proof hingga 50 meter. Karena itu konstruksi case back dibuat system screw. Material 43999 ini dibuat dari pure steel yang tidak lazim digunakan dalam proses pembuatan jam pada periode itu. Hal ini dilakukan oleh Seiko karena jam ini memang diposisikan sebagai the highest quality dari jajaran produk Seiko lainnya. Diameter casing adalah 37mm dengan ketebalan 9,5mm. Dari serial number yang terdapat pada caseback, diketahui bahwa jam ini diproduksi pada bulan November 1963, yang berarti jam ini sudah berusia 48 tahun!

Pada case back terdapat emblem emas dengan gambar singa didalamnya. Simbolisasi ini untuk menunjukkan bahwa jam ini telah lolos uji akurasi chronometer yang dilakukan oleh tim internal Seiko dengan acuan standar yang diberlakukan secara international oleh COSC. Emblem singa emas ini hanya digunakan terakhir di tipe 43999 ini dan generasi berikutnya (GS 5722) hanya menampilkan huruf GS dalam emblem emas itu. Kondisi emblem emas dan tulisan-tulisan yang terdapat di caseback pada jam ini masih jelas dan bersih karena mungkin pemakaian yang apik sehingga semuanya tidak aus.

Kenop jam di desain dengan dimensi yang besar, hal ini memudahkan ketika seseorang memutar jam baik untuk mengisi tenaga ataupun mengatur jarum jam. Pada kenop GS ini belum terdapat logo GS seperti kenop pada GS generasi seelahnya, tapi bertuliskan 'Seiko W'.

MOVEMENT

GS 430/43999 menggunakan manual winding movement yang memiliki 35 jewels dan merupakan movement low beat 18,800 bph. Movement ini diproduksi oleh Suwa Seikosha pada tahun 1963 dan 1964. Jumlah yang diproduksi adalah 81,000 buah movement, termasuk Cal.5722 yang dianggap sebagai kembaran dari Cal.430 hanya berbeda pada bph-nya. Cal.5722 memiliki 19,800 bph. Cal.430/43999 merupakan manual self dater movement yang memiliki grade chronometer dan merupakan movement secial bagi Seiko.


DIAL dan HANDS (JARUM)

Seiko mendesain dial untuk tipe ini dengan pola sunburst dengan warna pearl silver dengan kombinasi applied steel markers index. Pada dial tertulis 'CHRONOMETER' karena memang jam ini memiliki standar pengujian akurasi yang sesuai dengan standar COSC. Pada tahun 1966, Seiko menghilangkn semua kata 'Chronometer' pada dial jam-jam high end mereka karena COSC Swiss melarang Seiko menggunakan kata 'Chronometer' yang merupakan trade mark dari COSC, sedangkan jam-jam Seiko pada saat itu tidak diuji oleh COSC tapi oleh tim internal Seiko. Selain menghilangkan kata 'Chronometer', Seiko juga mengganti emblem singa emas yang berada di case back dengan tulisan GS. Jarum jam menggunakan model pedang yang memang klasik.


Sampai saat ini, Seiko masih mempertahankan ciri desain yang sama untuk produk Grand Seiko mereka. Desain yang cenderung sederhana dan klasik namun dibuat dengan detail yang sangat baik, sehingga aura yang muncul pun berbeda dengan produk seiko lain, bahkan dibandingkan dengan produk jam Swiss sekalipun. Memiliki seuah GS 430/43999 adalah sebuah kebanggan karena keberadaan Grand Seiko tipe ini sudah semakin sulit dicari terutama dalam keadaan yang masih baik dan bersih. Value untuk Grand Seiko antik semakin meningkat dari tahun ke tahun dan selalu jadi incaran para penggemar dan kolektor Seiko.


0 Responses So Far: