Kumpul-Kumpul Tahun Baru 2011


Setiap menjelang atau pada saat hari pertama di tahun baru, saya dan beberapa rekan sesama penggemar jam antik selalu berkumpul untuk sekedar silaturahmi, update koleksi, perbincangan seputar arloji antik dan biasanya terjadi perpindahan kepemilikan dari jam-jam antik yang kami bawa. Tanggal 1 Januari 2011 kali ini, saya dan kawan-kawan silaturahmi ke rumah salah satu rekan senior dalam dunia koleksi jam antik. Kunjungan ini sekaligus untuk syukuran karena beliau menempati rumah baru di daerah BSD. Di teras samping rumah baru beliau yang nyaman dan menyenangkan ini kami menghabiskan beberapa lama untuk membahas jam-jam antik yang kami bawa siang itu. Dari sekian banyak jam antik yang ada, saya hanya menampilkan beberapa saja yang menurut saya termasuk koleksi yang menarik dan berharga. Gambar dibawah adalah penganan pembuka siang itu..

Dan ini adalah "makanan utama" pada acara kumpul-kumpul kali ini!!...

Terus terang saya kagum dengan koleksi yang mayoritas dibawa oleh Agen M, salah satu rekan senior dalam hobby ini. Beberapa jam antik yang sudah sangat sulit di dapat bisa dilihat pada siang itu. Rekan Ariska (blog arloji antik) dan Reza (blog arloji kuno) terlihat bingung sekaligus kagum dengan koleksi yang terhidang siang itu. Beberapa koleksi langsung saja 'dipesan' agar saat sekali waktu dijual jam itu bisa langsung dipinang.

Jenis jam dengan penampilan yang eye catching adalah tentu saja jam dengan pepsi bezel (insert bezel merah dan biru). Ada 4 buah Rolex GMT )ref 1675 dan 16750) Pepsi bezel yang dibawa pada siang itu dan sebuah HEUER Autavia GMT vintage yang juga memiliki insert bezel pepsi. Semua Rolex dan Heuer ini masih dalam keadaan yang bagus.

Masih dengan Rolex, kali ini terdapat 3 buah Rolex (ref.1500 dan 1601) dengan gilt dial (dasar dial warna hitam dan tulisan emas), dan ketiganya menggunakan jarum model dauphine dan leaf hands. memang keriga rolex ini adalah rolex produksi tahun 60-an, sehingga model jarum yang digunakan dan desain indeks berbeda dengan 'Rolex modern'. Rolex dengan jarum model seperti ini bagi saya terlihat sangat 'seksi' dan memancarkan karakter yang berbeda dengan generasi setelahnya.


Agen M memang sekarang lebih fokus untuk koleksi Omega constellation antik dan memang koleksi Connie antiknya banyak dan cantik-cantik. Ada beberapa buah Connie antik cantik yang dibawa, beberapa diantaranya termasuk jenis-jenis yang sangat sulit didapat. Salah satunya adalah connie Cal.505 black dial. Salah satu alasan kenapa Agen M lebih suka koleksi Connie antik daripada jenis Omega yang lain adalah karena Connie merupakan salah satu tipe Omega yang pada jamannya mengalahkan Rolex baik dalam banyaknya sertifikat chronometer yang didapat dan kualitas movement yang lebih baik.

Gambar di bawah adalah 2 contoh Connie antik yang menarik. Yang bawah adalah Connie Cal.505 dengan indeks kipas, dial pie pan dan kondisi yang beautifully aged. Connie atas kondisinya masih sangat bagus dengan desain yang tidak biasa, yaitu gabungan antara indeks trapesium dan arabic number.

Omega berikut adalah contoh sebuah desain Omega yang sejak tahun 60-an sampai sekarang tetap dipertahankan, yaitu Omega Speedmaster 'the moonwatch'. Paling kanan adalah Speedy moonwatch cal.861 produksi awal tahun 70-an, berikutnya adalah Speedy Cal.321 dan terakhir adalah Speedy edisi khusus dan limited edition 1969 dengan cal.1861 yang dibuat khusus untuk memperingati tahun pendaratan manusia di bulan.

Salah satu jam non-swiss yang menarik perhatian adalah Citizen Recordmaster chronograph dan seiko chronograph generasi pertama yang masih menggunakan manual chronograph movement. Kondisi keduanya masih sangat bagus dan sulit untuk didapat, terutama untuk yang seiko.

Dan ini adalah jam-jam yang kami pakai siang itu: Reza dengan Rolex Thunderbird Ref.6609, Ariska dengan Rolex GMT master purple bezel, Agen M dengan Seiko chronograph 1st generation, saya dengan Omega Chronostop diver dan Pak Acil dengan Rolex 6480. Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, kali ini tidak ada transaksi yang terjadi karena Agen M kali ini masih kuat 'menahan' koleksinya dan katanya belum saatnya dilepas.....


0 Responses So Far: