Jaeger LeCoultre Master Calendar 18K Rose Gold


Sejak mengikuti gala dinner yang diadakan oleh Jaeger LeCoultre di Hotel Shangrila tahun lalu, saya mulai jatuh cinta dan kagum dengan brand ini. Nama Jaeger LeCoultre (selanjutnya akan disebut sebagai Jaeger saja) merupakan sebuah nama yang sangat disegani di dunia horologi karena komitmennya untuk selalu berinovasi dengan hanya menggunakan in-house movement. Sejak Antonie-LeCoultre mendirikan workshop pertama kali pada tahun 1883, telah banyak me-patent-kan temuan dan teknologi dalam pembuatan jam. Desain-desain produk Jaeger saya katakan unik dan khas karena memang sebisa mungkin desain mereka tidak mengikuti trend desain jam yang sedang berlangsung. Keinginan untuk memiliki sebuah Jaeger begitu kuat dan menunggu sekiranya ada tawaran jam JLC yang menarik untuk dikoleksi. Dan saya mentargetkan tahun 2011 ini saya harus memiliki setidaknya 1 buah JLC untuk dikoleksi.

Pada pertengahan Januari 2011, seorang sahabat yang mengoleksi banyak sekali jam dari berbagai merek dan saya tahu kalau beliau memiliki beberapa JLC (dan banyak Panerai), mengabari saya kalau hendak menjual beberapa koleksinya karena beliau mulai serius untuk mengurangi kuantitas koleksi tapi meningkatkan kualitas-nya. Dari beberapa buah jam yang hendak dijual, salah satunya adalah si cantik Master Calendar ini. Ternyata penantian saya tidak terlalu lama untuk bisa mendapatkan sebuah Jaeger Le Coultre!

Kenapa saya bilang Jaeger ini cantik? pertama, karena jam ini memiliki desain yang mengadopsi desain klasik dari era tahun 50-60an. Jaeger menyebut Master Calendar karena jam ini memiliki feature penunjuk hari, tanggal dan bulan. Tipe ini sering juga disebut sebagai Trile date calendar. Penunjuk tanggal menggunakan jarum yang ujungnya berbentuk bulan sabit merah. Penunjuk bulan dan hari mengapit as dial secara simetris. Desain jarum menggunakan desain jarum khas tahun 50-60an berbentuk pedang. Indeks merupakan kombinasi antara indeks berbentuk anak panah dan arabic. Pada posisi diatas angka 6 adalah sub second. Untuk melakukan pengaturan tanggal, bulan dan hari secara independen, terdapat tombol kecil yang terletak di pinggir casing di posisi angka 2 dan 4. Dengan menusuk tombol ini maka fungsi hari, tangal dan bulan akan berubah.

Alasan kedua kenapa saya menyukai jam ini adalah karena material yang digunakan adalah rose gold. Casing, indeks, kenop dan jarum jam ini menggunakan material 18K Rose gold. Menurut saya, penampilan rose gold (atau sering disebut juga sebagai pink gold) lebih berwibawa dari pada yellow gold. Mungkin karena yellow gold sudah sering lihat jadi tidak unik lagi. Warna rose gold dipadukan dengan dial warna satin dan croco strap warna hitam menjadi sangat menarik dan elegan.

Alasan ketiga, adalah karena movement yang digunakan. Jam ini menggunakan automatic movement yang telah diuji selama 1000 jam sebelum keluar dari pabrik. Jaeger tidak lagi mengujikan jam produksinya untuk mendapatkan sertifikat COSC (Chronometer) karena pengujian yang dilakukan oleh Jaeger jauh lebih baik dari COSC. Berikut adalah perbandingan yang dilakukan oleh JLC dan oleh COSC:

Lama pengujian JLC 1000 jam, sedangkan COSC 360 jam
JLC melakukan uji jam nya dengan kondisi sudah di asembling lengkap, jadi termasuk casing, dan jarum yang terpasang. Sedangkan COSC hanya menguji movement saja tanpa dimasukkan dalam casing.
Toleransi akurasi JLC -1 s/d +6 detik. COSC toleransi -4 s/d +6 detik untuk jam pria dan -5 s/d +8 untuk jam wanita.
JLC melakukan power reserve test. COSC tidak melakukan uji ini.
JLC melakukan uji fungsi jam (chronograph, triple date atau alarm). COSC hanya akurasi saja.
Uji untuk kekuatan balance. COSC tidak melakukan uji ini.
Tes akurasi untuk 6 posisi. COSC melakukannya untuk 5 posisi saja.
JLC melakukan uji water resist utk 50m minimal. COSC tidak melakukannya karena mereka hanya uji movement saja.
Uji shock resistant dengan simulasi sebanyak 20,000 goncangan kecil. COSC tidak melakukannya.
Uji ketahanan terhadap suhu 4 s/d 40 derajat. COSC melakukannya untuk 8 s/d 38 derajat.

Dengan pengujian yang dilakukan oleh internal JLC, maka mereka pikir tidak perlu lagi membawanya ke COSC untuk mendapatkan sertifikat Chronometer. Karena itu, setiap produk JLC yang menuliskan 'Master Control 1000 hours' sudah bisa dipastikan akurasinya tidak kalah dengan jam yang chronometer COSC.

Setiap jam Master calendar menggunakan crocodile strap dengan ukuran lugs 19mm sama seperti ukuran Rolex. Strap ini dilengkapi dengan deployant buckle yang terbuat dari solid Rose gold juga.

Jam Master Calendar ini menurut saya sangat cantik karena desainnya yang simetris dan klasik sangat elegan. Dimensi yang 38mm menyebabkan jam ini tidak terlihat kecil ketika digunakan. Hunting berikutnya adalah mencari crocodile strap berwarna coklat tua untuk dipasangkan sebagai alternatif Master calendar ini.



0 Responses So Far: