KING SEIKO Cal.5625/6 Transition movement


Sekilas penampilan King Seiko ini memang serupa dengan desain King Seiko modern lainnya, dilihat dari desain jarum dan fungsi day-date. Keunikan justru ada pada movement-nya karena movement yang digunakan adalah movement transisi antara King Seiko date (Cal.5625) dan King Seiko Day-Date (Cal.5626), karena itu informasi caliber yang terdapat pada caseback dituliskan 5625/6 karena memang movement-nya bukan kedua jenis itu.
Lantas perbedaannya ada dimana? kalau untuk KING SEIKO Cal.5626 Day-Date, perubahan fungsi tanggal sudah mengadopsi feature quick set date mechanism. Jadi penggantian tanggal bisa dilakukan tanpa memutar jam satu putaran penuh. Sedangkan cal transisi 5625/6 ini penggantian tanggal dilakukan dengan cara memutar jarum jam melewati jam 24 sampai jam 3 am, kemudian putar arah balik sampai jam 9 pm. Setelah lewat jam 9 pm, jarum jam putar lagi searah jarum jam melewati jam 24. Pada saat ini posisi tanggal berubah tapi posisi hari tetap. Sistem ini tidak lama dipakai karena kemudian Seiko mengeluarkan Cal.5626 sebagai penyempurnaan movement Cal.5625.
Pada caseback King Seiko ini terdapat 2 aksara kanji yang menurut si pemiliknya berarti "Be Awarded", dan di grafir dengan dalam pada caseback. Sedangkan pada movement, Seiko masih menuliskan Cal.5625A sebagai informasinya. Crown yang digunakan pada caliber ini juga berbeda karena tidak menggunakan logo KS seperti yang biasa kita jumpai pada Seiko lain. Menurut pemilik jam ini sebelumnya yang tinggal di Hong Kong, crown jam ini original karena memang jam ini selalu dirawat di Seiko Svc Centre di Hong Kong dan memang saat itu Seiko mengeluarkan tipe ini dengan menggunakan crown yang polos. Dari browsing saya di Internet saya tidak banyak menemukan penjelasan mengenai Calibre transisi ini dan saya yakin dibuatnya-pun tidak lah banyak.


0 Responses So Far: