OMEGA Manual Winding Cal.283 Honeycomb dial


Sudah lama saya tidak pernah mendapatkan Omega dengan movement manual winding, sampai akhirnya saya menemukan omega antik ini. Selain kondisinya yang masih sangat bagus dan bersih untuk jam yang sudah berusia lebih dari 50 tahun, finishing dial dengan model honeycomb membuat penampilan omega ini menjadi lebih klasik dan cantik.

Desin dial menggunakan arabic numbers untuk semua angka genap (2, 4, 6, 8, dan 12) yang terbuat dari gold, serupa dengan jarum dengan warna senada dengan desain model pedang atau dauphine hands. Diameter casing sekitar 35mm dengan desain lugs yang sederhana, nggak neko-neko. Hanya ada tulisan Omega dan logo pada dial, kemungkinan tipe ini keluar sebelum omega mengeluarkan tipe-tipe seperti seamaster, de ville dll.

Kalau dilihat dari samping terlihat desain lugs dibuat bersudut curam dan sedikit lebih panjang. Crown berdiameter lebih lebar namun lebih tipis dari desain crown generasi setelahnya. serat antara bezel dan caseback masih terlihat dengan jelas, dan sepintas mirip desain kue wafer karena penampang seperti terbagi menjadi 3 bagian. bezel dan caseback di-finish polished steel.

Caseback dibuat polos tanpa ada engrave omega atau apapun dan serat finishing-nya masih terlihat jelas. Omega ini menggunakan manual movement cal.283 dengan 19 jewels. Diperkirakan movement ini dibuat pada awal tahun 50-an. Salah satu tipe jam militer Omega juga menggunakan movement cal.283 yang dibuat pada tahun 1953. Kondisi movement masih sangat bagus, sayangnya saya tidak bisa membuka caseback karena cara membukanya harus di congkel.





0 Responses So Far: