PANERAI PAM 237 Luminor GMT "The Ghost", So rare item!


Dari sekian banyak produk Panerai baik Luminor maupun Radiomir, ada beberapa produk 'unik' yang diproduksi. "Unik" bisa jadi karena warnanya yang keluar dari pakem Panerai (misal dial warna coklat atau Antracite-blue) atau desainnya yang khas atau juga karena jumlahnya yang dibuat hanya sedikit saja. Salah satu produk yang unik adalah PAM 237. Sebenarnya desain jam ini tidak bisa disebut unik karena desain besarnya sama dengan tipe Luminor GMT Pam 088, hanya saja ada perbedaan pada sub register detik-nya yang berwarna hitam, sedangkan PAM 088 sub register dibuat berwarna silver. Diameter juga sama yaitu 44mm dengan finishing polished steel.
Keunikan kedua: PAM 237 ini hanya dibuat setahun saja yaitu tahun 2005 dengan jumlah yang sangat sedikit yaitu 400 buah. Entah kenapa Panerai tidak lagi memproduksi jam ini pada tahun-yahun setelahnya, dan yang terus diproduksi hingga saat ini adalah 'kembarannya' PAM 088.
Keunikan ketiga: PAM 237 tidak pernah muncul dalam buku katalog Panerai, bahkan pada tahun 2005 tipe ini juga tidak dicantumkan sebagai salah satu produksi mereka. Aneh kan? karena itu PAM 237 sering disebut dengan "THE GHOST" karena keberadaannya seolah 'tidak diakui' oleh Panerai sendiri. Karena kedua hal itu tadi, maka tipe ini sering disebut sebagai so rare Panerai dan banyak diburu untuk dikoleksi karena keunikannya dan jumlahnya yang sangat terbatas.

Jam ini menggunakan automatic movement Cal.OP VIII yang sudah bersertifikasi Chronometer karena itu pada caseback ditulis juga "Ocean Chronometer". Jam ini saya padukan dengan Custom strap made by Kent berupa kulit vintage yang warnanya juga unik karena ada unsur warna patina di seluruh permukaan kulit.

Kalau saya pribadi memang lebih suka desain PAM 237 ini daripada saudara kembarnya PAM 088, karena pam 237 ini penampilannya lebih maskulis karena keseluruhan dial berwarna hitam. Dan bayangkan saja kalau anda pakai sebuah jam yang hanya dimiliki oleh 400 orang di seluruh dunia!


0 Responses So Far: