KING SEIKO Automatic Hi-Beat Cal.5621


Saya akui, beberapa bulan terakhir ini saya antusias sekali dengan jam Seiko terutama tipe high-end antik. Begitu ada informasi langsung diusahakan hari itu juga dilihat jam-nya dan kalau bagus bisa langsung di akuisisi. Seorang teman yang jauh hari sebelumnya memberikan info mengenai keberadaan Grand Seiko (yang akhirnya juga saya akuisisi), kali ini mengabarkan ada sebuah King Seiko cantik tanpa tanggal. Mendengar ciri-ciri yang dia sebutkan, saya berpikiran kalau King Seiko yang dimaksud pastilah dari keluarga cal.56s, dan ternyata benar! kondisinya pun masih bagus untuk jam yang usianya sudah 36 tahun.

King Seiko ini tampil dengan desain yang sederhana. Sepasang jarum lancip yang ditengahnya diberi variasi garis berwarna hitam, jadi seolah jarum tersebut dibelah jadi 2 bagian. Tanpa tanggal dan hanya bertuliskan "Seiko Automatic KS Hi-Beat". Dial berwarna putih cerah yang dipadukan dengan indeks berwarna hitam, jadi kombinasi yang kontras. Tidak adanya feature tanggal membuat kesan jam ini menjadi lebih kental aura klasiknya. Diameter casing 36mm tidak termasuk crown. Bagi saya sebuah Seiko High-end, crown-nya haruslah original karena crown ini-lah salah satu penentu nilai dari sebuah seiko high-end.

King Seiko yang menggunakan automatic movt. Cal.56s ini merupakan King Seiko generasi modern. Cal.56s sendiri merupakan salah satu movement terakhir yang digunakan oleh King Seiko dan Cal.52s adalah movement pamungkas sebelum akhirnya Seiko menghentikan produksi King Seiko. Salah satu perbedaan pada "KS Modern" adalah tidak digunakannya lagi gold medallion yang sering terlihat pada case back dan desain caseback dibuat lebih sederhana. Salah satu alasan kenapa medallion itu tidak digunakan lagi adalah agar biaya produksi bisa lebih ditekan. Alasan lain, Seiko lebih menggencarkan promosi Grand Seiko sebagai top of the line Seiko pada saat itu. Kalau King Seiko masih terus diproduksi apalagi dengan tetap menggunakan gold medallion pada caseback (yang nyata serupa dengan GS), hal ini dikhawatirkan akan membingungkan pelanggan Seiko karena sepertinya ada 2 tipe Seiko yang berbeda dalam kategori yang sama (High-end). Ternyata tujuan untuk memposisikan GS sebagai produk unggulan diteruskan dan produksi KS akhirnya dihentikan. Pada tahun 2000, Seiko 'bernostalgia' dengan mengeluarkan KS edisi Millenium Historic yang diproduksi hanya 2000 buah saja untuk pasar domestik Jepang. Desain dibuat sama persis dengan KS cal.5625 dengan tanggal, namun edisi historic itu menggunakan movement Cal.4s.

Seiko membuat 2 versi dari Cal.5621 ini dan di share juga dengan seri Grand Seiko dan Lord Matic. Cal.56s adalah salah satu desain hi-beat movement Seiko yang compact. Desain lebih tipis dengan konstruksi yang lebih baik dari versi sebelumnya. Cal.56s pertama kali dibuat pada tahun 1968 di Pabrik Seiko Suwa. Sedangkan movement terakhir KS yaitu Cal.52s dibuat setahun setelahnya, 1969, di pabrik Seiko Kameido. KS dalam koleksi saya ini sendiri diproduksi April 1974.

KS 5621 ini sama persis desainnya dengan KS 5626 yang sebelumnya saya miliki. Perbedaan hanya pada penggunaan feature day-date pada seri 5626, selebihnya sama. Untuk melengkapi 'keluarga 56s, saya tinggal mencari KS 5625 dengan tanggal, kalau itu sudah ketemu, akhirnya satu keluarga bisa disatukan!



0 Responses So Far: