ROLEX GMT Master II Ceramic 116710


Saya adalah penggemar berat Rolex sport model Submariner dan GMT. Khusus untuk GMT master baik yang vintage (1675 dan 16750) ataupun genarasi kristal (16710), ada satu hal yang membuat saya agak kuran sreg yaitu besar dan diameter dari crown (kenop). Tidak seperti saudaranya Submariner yang memiliki kenop besar dan ternyata kenop besar membuat penampilan keselruhan jam menjadi lebih maskulin dan menarik.

Akhirnya keinginan saya terjawab sudah!. Pada perhelatan akbar dunia horologi di Basel pada tahun 2007, Rolex mengeluarkan versi terbaru dari GMT Master II setelah sebelumnya pada Basel Fair 2006 Rolex juga sudah mengenalkan varian steel+gold dari tipe ini. Sambutan penggemar jam khususnya Rolex sangat antusias karena GMT Master II yang baru ini berkesan lebih gagah, besar dan menarik bahkan penampilannya mendekati saudara tuanya Submariner.
Saat pertama kali melihat tipe GMT terbaru ini muncul di sebuah butik jam di Jakarta, saya langsung jatuh cinta..ini dia jam yang desainnya pernah ada dalam impian saya! tapi begitu mengetahui harga baru jam ini yang jauh dari kemampuan saya, akhirnya saya harus bersabar menunggu untuk bisa mendapatkan jam ini dengan harga yang sesuai kemampuan saya. Dan penantian itu berakhir 3 hari lalu!

Seorang rekan baik sesama penggemar jam ternyata memiliki jam ini dalam sekian banyak koleksi jamnya. Kondisi nyaris seperti baru karena semua segel lastik dan sticker masih nempel di jam ini. Memang jam ini belum pernah dipakai sejak beli karena memang jam ini bukan keinginan teman saya untuk beli tapi 'membantu' teman yang diberi hadiah jam ini namun tidak suka. Akhirnya, untuk mendapatkan jam ini saya harus melepas 2 jam kesayangan saya...
Hal pertama kali yang membuat Rolex GMT ini tampil lebih mewah adalah karena penggunaan material keramik yang highly scratch resistant untuk bezelnya. Research and Development Rolex melakukan sebuah langkah penting dalam perkembangan penggunaan material lempengan Cerachrom yang ekstra keras untuk bezel ini. Bahan Cerachrom ini tidak akan berubah warnanya meski sering tertimpa sinar terik matahari dan air. Proses pembuatan bezel ini oleh Rolex dipatenkan karena menyangkut proses yang unik. Angka penunjuk GMT pada bezel keramik dibuat dulu sebelum proses pengerasan bezel dimulai. Permukaan bezel yang sangat halus dan berkilau menunjukkan kualitas bahan yang digunakan. kalau pada versi Steel+Gold, angka-angka pada bezel yang berwarna kuning memang terbuat dari 18K gold. Sedangkan pada versi steel ini angka-angka tersebut dibuat dari bahan Platinum, sama dengan yang digunakan pada seri Yacht-master. Bezel ini berputar sebanyak 24 klik.
Hal utama yang saya suka adalah kenopnya! ukurannya yang besar menyebabkan penampilan jam ini menjadi jauh berbeda dengan generasi GMT sebelumnya. kenopnya besar dan tebal. Tidak seperti kenop pada generasi sebelumnya yang menggunakan sistem twinclock crown, GMT keramik ini menggunakan sistem tripclock crown. Hal ini dilakukan karena casing jam dan konstruksi keseluruhan dibuat agar tahan air 100m. Sebenarnya hal ini tidak berbeda dari seri GMT sebelumnya, namun sepertinya Rolex ingin menunjukkan 'keseriusan' dalam membuat konstruksi casing yang benar-benar tahan dalam air 100m.
Kalau diperhatikan lebih detil pada dial, Rolex GMT Ceramic ini menggunakan model maxi dial dimana index yang berbentk bulat berukuran lebih besar dari tipe sebelumnya. Rolex modern yang menggunakan (kembali) model maxi dial adalah Yacht-Master dan kemudian diikuti oleh Submariner LV anniversary dan terakhir adalah GMT Keramik. Perbedaan lain adalah jarum jam pada tipe ini juga bentuknya lebih besar (gendut).
Jam ini menggunakan automatic movement generasi terbaru dari Rolex yaitu cal.3186, menggantikan cal.3185 yang digunakan pada tipe sebelumnya. Karena 3186 merupakan uprgade dari versi sebelumnya maka secara konstruksi tidak banyak berubah yaitu 31 jewels dan 28,800 bph. Upgrade terjadi pada sisi tingkat akurasi dan kehalusan jalannya movement. Cal.3186 sudah menggunakan mainspring terbaru Rolex yang dibuat in-house yaitu Parachrom Bleu. Rolex mem-paten-kan mainspring ini sebagai sebuah temuan baru yang dibuat dari material yang eksotik seperti Niob dan Hafnium. Unsur Niob membuat mainspring akan berubah warna menjadi biru saat teroksidasi oleh udara. Penggunaan bahan ini bukan tanpa alasan karena telah terbukti mainspring terbaru Rolex ini sangat tahan terhadap efek magnetic dan temperatur, 2 hal yang sangat penting bila kita bicara tentang akurasi sebuah movement. Diatas kertas, Rolex GMT 116710 ini di-klaim sebagai product Rolex yang paling tangguh dan paling akurat karena menggunakan semua teknologi terkini dari Rolex.
Untuk Clasp, GMT ceramic menggunakan model clasp yang sama dengan yang digunakan oleh Daytona. Desainnya lebih halus dan cantik.
Coba perhatikan gambar dibawah yang menunjukkan perbedaan dimensi crown antara GMT 16710 dan 116710 ceramic. Perbedaannya signifikan sekali baik dari diameter maupun tebalnya.
Gambar bawah adalah perbandingan antara GMT Ceramic dengan GMT generasi sebelumnya (16710). terlihat perbedaan besarnya jarum jam yang berbeda. 16710 memiliki jarum yang lebih ramping dengan indeks jam yang lebih kecil juga. Kemudian jenis angka pada bezel juga berubah menjadi lebih kotak dan lebih lebar. Bezel pada GMT ceramic dibuat lebih lebar dari 16710 karena itu diameter jam keliatan lebih besar, padahal diameter kedua jam ini sama yaitu 40mm. Casing GMT ceramic yang lebih kokoh ini sering disebut dalam forum Rolex sebagai "The super case". Kemudian coba lihat lugs-nya (kaki2 jam). Desain lugs GMT ceramic dibuat lebih besar dan lebih lebar, kesan yang timbul adalah jam ini lebih kokoh dan kuat. Warna jarum GMT untuk ceramic dibuat dalam warna hijau, sama dengan warna tulisan GMT Master II.

Dalam sebuah artikel, Rolex sudah meng-konfirmasi bahwa mereka GMT Mater II dengan pepsi bezel tidak lagi dibuat. Hal ini dikarenakan mereka masih belum menemukan teknologi pewarnaan yang sesuai yang bisa diaplikasikan pada material ceramic seperti 116710 ini. Rolex sudah bisa membuat bezel keramik untuk warna hijau yang diaplikasikan pada edisi anniversary. Sampai saat ini R&D Rolex masih berusaha agar mereka bisa melahirkan kembali "the legend GMT Pepsi" dalam material terbaru mereka: Keramik.


0 Responses So Far: