ROLEX Datejust Ref.6605 ca.1959


Sudah cukup lama saya tidak mendapati sebuah Rolex Datejust ref.6605. Terakhir kali saya milihat 6605 dengan kombinasi gold dan steel dan sekarang sudah menjadi salah satu koleksi kesayangan seorang rekan sehobi. Memang tipe 6605 adalah tipe Datejust yang sangat sulit dijumpai terutama dalam kondisi yang masih bagus dan utuh. 6605 yang saya peroleh ini merupakan produksi tahun 1959 pada kwartal ke-dua. Rolex sendiri mulai memproduksi Datejust dengan cyclops seperti ini sejak pertengahan tahun 50-an.
Perbedaan yang tidak cukup terlihat pada Rolex 6605 dengan generasi datejust selanjutnya ada pada desain fluted bezel-nya. Pada 6605 fluted bezelnya dibuat lebih rapat jadi seolah lebih ramai. Perbedaan lain akan saya bahas pada posting lain di blog ini. kalau diperhatikan kondisi bezel-nya masih sangat bagus baik dari kilau emas putihnya dan kelancipan sudut bezel.

6605 ini memiliki warna dial satin finished dan karena faktor usia sudah terlihat bercak-bercak halus yang merata pada permukaan dial. Bentuk jarum yang runcing menyerupai bentuk daun menambah ke-seksi-an jam ini. Desain indeks pun dibuat seperti ujung anak panah yang runcing dengan finishing yang senada dengan warna jarum. Movement menggunakan automatic cal.1066 dengan bentuk bandul rotor yang unik menyerupai sayap kupu-kupu, karena itu mesin ini sering juga disebut sebagai mesin kupu-kupu. Cal.1066 merupakan generasi terakhir sebelum akhirnya Rolex meneruskannya dengan versi baru Cal.15XX. Cal.1066 ini merupakan movement klasik yang juga digunakan untuk tipe Rolex GMT 6542 (generasi pertama) dan Rolex Submariner 6538. Mesin dalam kondisi yang masih bagus dengan akurasi yang masih baik.
Hal unik yang saya temui pada Rolex adalah rantainya. Pada 'lidah' rantai terdapat tulisan yang tidak pernah saya lihat pada Rolex yang lain. Tulisan dan ornamen Rolex dibuat besar dan memenuhi bidang lidah claps. Namun pada sisi sebelahnya tidak terdapat tulisan atau logo apapun. Awalnya saya mengira rantai ini palsu namun ternyata asli dan biasanya desain rantai seperti ini dibuat pada pertengahan tahun 50-an. Pada lidah claps itu terdapat tulisan Brevette. Kondisi rantai masih sangat bagus dengan logo mahkota Rolex yang besar, khas desain tahun 50-60an.

Kian hari kian sulit untuk mendapatkan Rolex antik dari generasi tahun 50-60an dan biasanya memang kondisinya tidak ada yang mulus sekali. Tapi itu hal wajar mengingat faktor usia yang sudah 50 tahun. Yang luar biasa adalah meskipun tua, Rolex antik biasanya masih bagus jalan dan akurasinya, apalagi kalau si pemilik selalu merawat jam itu. Tidak ada salahnya untuk kembali fokus mencari dan mengumpulkan Rolex-Rolex seperti ini karena memang kecantikannya abadi!..




0 Responses So Far: