Rolex Datejust 1601 Gilt Dial Ca.1966


Tidak berapa lama setelah saya mendapatkan Rolex datejust versi awal ref.6605, saya beruntung mendapatkan generasi setelah seri 6605 yaitu ref.1601 yang diproduksi pada masa-masa awal. Rolex 1601 ini diproduksi pada tahun 1966 kwartal kedua. Hampir sama dengan versi 6605, Rolex 1601 ini memiliki jarum model daun (leaf hands) dengan warna silver yang sudah terlihat menua namun tetap seksi (bagi yang suka Rolex tentunya..). Indeks batang terlihat seperti lurus, tapi sebenarnya berbentuk seperti trapesium dimana ujung yang ke arah dalam lebih pendek dari ujung lainnya. Kemudian, pada indeks 6 dan 9 bentuk indeksnya lebih besar dari indeks lainnya.
Warna dial ini dinamakan Gilt dial dan terlihat sedikit berkilat. Ciri dial yang menggunakan dial gilt adalah huruf pada dial biasanya dibuat dengan warna champagne (kuning muda) atau warna kuning emas. Dial gilt pada jam ini berwarna champagne dan kalau terkena proses oksidasi akan berubah warna menjadi kecoklatan dan sering dinamakan tropical dial. Beruntung bagi saya karena kondisi dial jam ini masih bagus dan utuh.

Rantai menggunakan model jubille tipis dengan ciri khas rantai lama berupa logo mahkota rolex yang keluar dari claps. Bentuk rantai tipis bagi saya lebih nyaman dikenakan daripada yang tebal karena mengikuti kontur tangan dengan baik. Rantai masih panjang dan belum pernah dipotong. Walaupun usia jam ini sudah 44 tahun namun akurasi serta jalannya jam masih sangat baik.



0 Responses So Far: