ROLEX 116201 Datejust Rose Gold+Steel


Entah karena keberadaan Rolex antik yang bagus semakin sulit didapat atau karena saya sedang jenuh dengan segala macam jam antik, saya merasa kesengsem dengan jam-jam Rolex modern. Setelah pada posting sebelumnya saya membahas dan me-review Rolex GMT Master II Ceramic yang menjadi bagian dari koleksi saya. Dan kali ini satu lagi Rolex modern yang membuat saya kesengsem dan akhirnya bersanding dengan GMT ceramic.

Datejust ini merupakan termasuk dalam generasi modern Datejust yang menggunakan ref number 6 digit yaitu: 116201. Salah satu hal yang membuat saya kesengsem dengan Rolex ini kombinasi warna dan desain dial jam yang berbeda dengan Rolex kebanyakan. Jam ini dibuat dengan kombinasi 2 material yaitu steel dan solid 18K Rose (pink) gold. Apalagi saya juga menggemari rantai oyster Rolex. Tipe 116201 memang dikeluarkan dalam 2 varian rantai: Oyster dan Jubille.

Ok, sekarang mari kita lihat dialnya. Warna dominan dial adalah putih bersih yang dikombinasikan dengan index yang berbentuk angka romawi. Semua elemen dial seperti indeks, logo mahkota Rolex, dan jarum semuanya dibuat dari material rose gold. Penggunaan indeks berupa angka romawi menurut saya membuat sebuah Rolex menjadi 'sedikit tidak biasa' karena desain kebanyakan adalah dengan menggunakan indeks batang. Bezel 116201 ini bukan berbentuk gerigi tapi smooth dome bezel yang terbuat dari solid 18K rose gold. Kalau diperhatikan, Rolex modern meninggalkan ciri-ciri finishing casing seperti pada Rolex tipe sebelumnya. 116201 ini semua bagian casing merupakan polished steel dan tidak ada lagi bagian yang brushed steel.

Karena diproduksi tahun 2005, Rolex masih menggunakan seal hologram berwarna hijau sedangkan Rolex yang dikeluarkan mulai tahun 2008 menggunakan seal transparan. Rantai oyster merupakan kombinasi juga antara solid 18K Rose gold dan steel. Rose gold yang digunakan untuk material rantai merupakan solid gold dan bukan lagi lempengan emas yang ditempelkan/ disambung dengan steel. Konstruksi casing yang kokoh ini mampu menahan tekanan 10 Atm. Diameter casing tetap tidak berubah dengan versi Datejust yang lain yaitu 36mm.

Rantai menggunakan clasp model baru yang didesain lebih mempermudah pengguna saat membuka dan memakai jam di tangan. bagian rantai masih terlihat jelas seal plastik yang belum sempat dilepas oleh pemilik sebelumnya. Sama juga dengan seal yang masih terdapat pada casing dan caseback.
Jam ini memang eye catching saat dipakai dan terlihat mewah karena pengaruh dari kombinasi warna rose gold dan steel yang berkilau. Jam-jam seperti ini cocok dikenakan pada acara-acara resmi dan ketika resepsi, apalagi kalau dipadukan dengan batik..


0 Responses So Far: