HEUER Autavia Ref.2446 MH Cal.72


HEUER ini merupakan generasi awal dari Heuer Autavia yang menggunakan caseback model snap back. Diproduksi sekitar akhir 60-an atau awal 70-an. Dial dengan hurf T kecil pada posisi diatas angka 6 menunjukkan kalau dial ini merpakan dial Autavia yang diproduksi pada tahun 1969. Tipe ini masih muncul pada catalog Heuer Chronograph untuk tahun 1970/71.

Autavia ini merupakan tipe 2446 MH. Huruf MH pada nomor reference menunjukkan jenis bezel jam ini. MH merupakan kependekan dari Minute-Hour, yaitu bezel menunjukkan informasi gradual waktu Menit dan Jam. menit ditunjukkan dengan angka-angka 5,10,15 dst sedangkan penunjuk jam pada bezel disebutkan dengan angka yang lebih kecil ukurannya yang berdempetan dengan angka penunjuk menit. Beberapa variasi dial adalah penunjuk Tachymeter dan hanya Jam saja.

Bagi saya desain Autavia 2446 MH ini sangat klasik dan mengingatkan saya akan desain Omega speedmaster Nasa karena desain sub register dan movement manual yang digunaknnya. Autavia ini menggunakan manual coloumn wheel chronograph movement yang legendaris yaitu Valjoux Cal.72 yang memiliki 17 jewels. Valjoux 72 sering juga disebut sebagai Tri-Compax chronograph karena adanya penambahan sub register 12 hours di sisi bawah. Cal.72 merupakan salah satu chronograph movement yang paling banyak digunakan oleh banyak brand jam pada periode 60-70an.

Kenop chronograph Autavia ini tidak bulat sempurna tapi memiliki lekukan-lekukan yang disebut juga Fluted pushers. Diameter crown utama juga besar dengan logo Heuer. Hal yang menarik dari Autavia ini adalah penggunaan jarum detik utama berwarna merah. Warna merah juga digunakan pada ujung indeks jam sebagai aksen.

Caseback polos tanpa ada tulisan apapun. Model snap back seperti ini cukup sulit untuk bisa menutup kembali dengan rapat, tidak seperti caseback model snap back jam lain. Desain lugs kekar dan panjang dengan sudut-sudut yang tegas. Cocok sekali sebagai profil jam sport.

Diameter jam ini cukup besar sekitar 41mm dengan ketebalan 13mm. Karena desain dial yang kontras antara hitam dan putih, autavia ini terlihat sangat klasik sekaligus sporty. Warna merah pada jarum membuat penampilan jam ini secara keseluruhan menjadi lebih menarik.


0 Responses So Far: