HEUER Autavia GMT Ref.11630 Automatic


Autavia GMT adalah salah satu tipe yang paling banyak disuka dan dicari oleh penggemar jam vintage chronograph. Desain ini telah menjadi salah satu icon dari brand Heuer pada masanya. Jam ini memiliki ref.11630 yang menggunakan automatic movement chronograph Cal.14 generasi pertama yang awalnya diperkenalkan pada tahun 1969. Product line Autavia sendiri diproduksi oleh Heuer sejak tahun 1962 sampai mid-80-an dengan banyak desain dan tipe movement yang digunakan. No reference product ini bisa dilihat pada bidang antar lugs di bawah angka 6.


Jam ini cukup besar dan tebal untuk sebuah jam chronograph GMT, dengan diameter sekitar 42mm dan ketebalan 15mm membuat jam ini terlihat 'bongsor' saat dipakai. Tampilan atraktif, dengan penggunaan 2 warna pepsi (biru dan merah) sebagai penunjuk waktu GMT. Jarum detik utama besar menggunakan warna orange senada dengan aksentuasi pada sub register yang ada di sebelah kanan. Autavia GMT mengeluarkan 2 versi warna sub register yaitu putih dan abu-abu. Tipe yang paling sering terlihat baik di internet atau tempat lelang adalah yang memiliki sub register putih.

Karena proses penyimpanan yang lama dan mungkin karena kelembaban cukup tinggi maka radium yang dibuat dengan cara dioleskan pada indeks jam dan pada jarum terlihat sudah berubah warna menjadi krem kecoklatan. Warna ini merata di semua indeks dan kedua jarum jam. Sedangkan warna orange dan kuning yang memiliki kadar senyawa berbeda dengan indeks warna nya cenderung tidak banyak berubah. Beda apabila sebuah jam seringkali digunakan (daily use) maka kecenderungan warna orange dan kuning akan juga memudar (selain perubahan warna pada indeks dan jarum juga)

Tali kulit dan buckle jam ini masih original bawaan Autavia (Heuer mengeluarkan 2 versi: Kulit dan rantai). Bahan pembuat strap ini adalah Cor-fam, sebuah bahan kulit sintetis yang diciptakan dan diproduksi oleh Du Pont pada awal tahun 60-an. Kualitas Cor-fam cukup bagus bila dibandingkan dengan penggunaan material kulit atau kulit imitasi yang lain. Bahannya kuat dan tidak mudah getas apabila disimpan lama, seperti yang dialami oleh bahan kulit atau kulit imitasi lain. Karena alasan ini pula akhirnya Heuer tetap menggunakan Cor-fam ini sebagai bahan strap mereka untuk selanjutnya.

Ciri khas dari desain strap Heuer Chronograph adalah strap dibuat berlubang-lubang yang identik dengan dunia balap. Kalau menurut saya pribadi, dimensi strap ini tidak proporsional dengan besar dan tebal jam, sehingga terlihat tidak kokoh mengikat casing. Mungkin akan lebih pas bila ketebalan strap ditambah untuk menopang berat casing.

Ciri khas lain dari tipe Autavia adalah peletakan kenop dan crown yang tidak segaris. Crown utama diletakkan di sebelah kiri. Ini cukup menyulitkan bagi orang yang tidak kidal yang seringkali memutar crown yang ada di sebelah kanan casing. Desain kenop chronograph dibuat bergelombang (fluted pushers) senada dengan desain rotating GMT bezel yang memiliki gerigi lebar. Seri 11630 menggunakan mineral glass crystal yang dibuat se-level dengan posisi muka bezel. Casing jam ini terlihat tegas dengan sedikitnya elemen lengkung pada sudut-sudut casing. melihat sudut yang masih lancip dan serat casing yang masih terlihat, menunjukkan kalau jam ini belum pernah dipoles oleh pemilik sebelumnya. Beberapa goresan pada casing dibiarkan apa adanya dan tidak berusaha dihilangkan dengan dipoles oleh mesin.

Berdasarkan tulisan Jeff Stein, seorang kolektor jam chronograph antik terutama Heuer, tipe Autavia GMT dengan sub register abu-abu merupakan item yang sangat kolektibel karena desainnya yang menarik dan atraktif serta konstruksi casingnya yang kokoh. Karena itu tidak heran kalau tipe ini berada di urutan pertama jam-jam vintage chronograph yang wajib dimiliki bagi para penggemar jam sport antik.



0 Responses So Far: