Berpasangan ala Seiko Automatic Chronograph


Salah satu tipe yang paling klasik dan dikenali dari keluarga besar Seiko automatic chronograph yaitu seri 60XX pepsi. Variasi dial cukup banyak dan menarik. Kebetulan yang saya miliki semua dial hitam dengan perbedaan minor pada dial dan inner rotating bezel.

Salah satu tipe cal.7016 yang paling banyak dicari dan membuat penasaran banyak orang karena keberadaannya yang cukup sedikit terutama yang masih dalam keadaan baik. Seiko monaco, kembar tidak identik dengan perbedaan pada warna dial.

Seiko ini saya bilang mains' karena desainnya yang tidak begitu besar. Diproduksi dengan 2 warna sub register berbeda yaitu coklat dan biru.

Seiko 'jengkol' karena bentuk casingnya yang bulat hampir pipih seperti buah jengkol. Tipe ini variasi warnanya juga ada beberapa.

2 varian berbeda dari Seiko Jumbo. Perbedaan kecil hanya pada desain lugs. Perbedaan ini sudah pernah saya ulas pada posting under 'seiko'. Desain low profile dengan aura military yang terasa sekali. Diameter casing juga besar 42mm, karena itu cocoklah disebut 'jumbo'.

Salah satu desain unik dari seiko yang sering disebut sebagai 'helmet'. Desain seperti meniru casing seri Flightmaster dari Omega dengan 'Volcano case'. Seiko mengeluarkan 2 varian dial: hitam dan putih.
Tipe paling dicari dan bernilai tinggi dari Seiko automatic cronograph: the bullhead! karena bernilai tinggi maka ada yang beredar 'franken-bullhead' dengan casing buatan Thailand, terutama dibuat untuk bullhead hitam. Desain menarik, unik dan juga enak dilihat. Keluar dalam 2 versi dial: Coklat dan hitam.

Seiko Monocoque yang desain keseluruhan sangat 'retro'. Warna dial ada beberapa macam dan dengan warna yang kontras antara dial dan sub-register. Desain rante juga unik karena terdiri dari unit-unit yang lebar.

Pengantin Seiko yang satu ini punya beberapa julukan: seiko Speedmaster, Seiko panda dll. Sebutan ini mengacu pada desain dialnya. Disebut sebagai salah satu desain terbaik seiko chronograph karena komposisi antara bidang yang pas dan harmoni dan desain jarum yang berbeda sekali membuat banyak orang bilang desainnya 'smart'!. keluar dalam 2 varian warna: hitam dan putih. Juga dijumpai caing gold plated untuk dial hitam.

Pasangan paling muda dalam koleksi saya. The first analog chronograph quartz dalam keluarga seiko chronograph. Merupakan jam chronograph quartz pertama yang menggunakan penghitung 1/10. Desainnya 'sangat speedmaster' sekali dan keluar dalam berbagai variasi warna dial dan juga casing.


0 Responses So Far: