OMEGA Seamaster Diver 300m Ref.2254.50


 
Sudah lama saya mencari Omega tipe ini karena bagi saya model ini (ref.2254.50) termasuk klasik dan kuat aura jam sport-nya. Beberapa hari lalu saat saya mendapatkan kiriman 14 buah jam milik seorang rekan penggemar jam yang sudah bosan dengan koleksinya. Ketika saya buka satu per satu jam-jam dalam tas plastik itu, saya mendapatkan jam ini dalam keadaan yang masih seperti baru! hooray! pucuk dicinta ulam tiba!..Saat saya tanyakan kelengkapan jam ini ternyata semuanya masih ada, dari mulai Box, manual dan sambungan rantai..hmm even better!

Sebelumnya saya sudah beberapa kali mendapatkan jam seperti ini tapi bukan yang automatic, melainkan yang quartz. Bentuk sama persis, beda minor hanya pada dial dengan tulisan yang lebih pendek tanpa ada kata CHRONOMETER. Yang saya sukai dari jam ini selain warnanya yang hitam, adalah penggunaan jarum berbentuk pedang. jarum seperti lazim digunakan pada jam-jam desain militer dan pernah juga digunakan oleh Rolex submariner tahun 60 (atau 70an ya?) untuk tipe military yang sangat kolektibel. Omega juga menggunakan jarum model ini pada seamaster diver vintage-nya.

 
Indeks dan jarum jam menggunakan lapisan Luminous yang terang menyala dalam gelap. Ketebalan zat kimia ini lebih tebal dari tipe lain karena dapat membantu penyelam saat mereka berada di bawah air. Desain lugs seperti dipelintir dan desain ini juga dijumpai pada desain tipe speedmaster moonwatch. Pada posisi angka 10 terdapat crown yang berguna untuk melepaskan gas helium setelah kegiatan menyelam lebih dari 200m.

Dengan diameter 42mm, jam ini terasa pas di tangan, tidak terlalu besar ataupun kekecilan. Desain rantai juga nyaman. Sayangnya Omega membuat desain rantai yang tidak bisa digeser-geser untuk menyesuaikan dengan besar pergelangan tangan. Untuk menyesuaikan harus dipotong dan biasanya sisa potongan seringkali hilang.

Omega ini menggunakan movement Cal.1120 automatic yang mengambil base dari movement ETA dengan telah mendapatkan sertifikat Chronometer. Jarum detik bergerak sangat halus karena movement berdetak 28,800 beat per hour. Secara keseluruhan penampilan jam ini sangat menarik dan cocok dipakai untuk berbegai suasana. Mau dipakai hayooo, mau nyantai juga monggoo. Mungkin karena desain dominan warna hitam.




0 Responses So Far: