OMEGA Speedmaster Automatic Cal.1045


Pada tahun 70-an Omega mulai banyak mengeluarkan seri Speedmaster yang merupakan pengembangan dan turunan dari seri legenda mereka Speedmaster NASA. Salah satu turunannya adalah Speedy dengan menggunakan movement automatic dari Lemania Cal.5100 yang oleh Omega diberi nama Cal.1045. Movement ini dipilih dari sekian banyak pilihan movement automatic chronograph karena movement Lemania ini dikenal sangat tangguh dan juga akurat.
Bermula pada tahun 1974, Omega mengeluarkan sekaligus 5 varian dari seri Speedy automatic ini dan yang pertama adalah Speedy dengan nomor referensi 176.0012 ini. Desain casing 0012 ini masih menggunakan casing dari Speedy mark 4, karena itu banyak orang yang mengatakan kalau 0012 ini disebut juga Speedy Mark 4.5. Tipe ini termasuk tipe yang masih sering dijumpai dalam keadaan baik, seperti 0012 dalam koleksi saya ini.

 
Pada caseback terdapat logo seamonster dan tulisan Seamaster, karena memang casing ini adalah casing Seamaster. Lugs lebar 22mm. Kondisi caseback dan casing jam ini masih jelas serat-serat bajanya walaupun ada beberapa goresan bekas gesekan pada terutama pada sisi casing. Kondisi kristal masih sangat baik dan bersih.

 
Movement Lemania ini memiliki penghitung menit besar yang bertumpuk dengan penghitung detik utama. Pada posisi angka 12 adalah penunjuk waktu 24 jam dengan adanya perbedaan warna antara siang dan malam (am:pm). Posisi angka 9 adalah penghitung 60 detik dan posisi angka 6 adalah penghitung waktu 12 jam. Dimensi jam ini adalah panjang lus to lugs 45mm, diameter dengan crown 44mm dan tanpa crown 42mm. Ketebalan casing 15mm dan berat total dengan rantai sekitar 134 gr. Dengan dimensi seperti ini jam masih terasa nyaman dipakai dengan proporsi yang baik. Omega memproduksi 5 varian Speedy matic dari tahun 1974 sampai 1977 dengan jumlah total produksi yang tidak diketahui. Saat ini apresiasi penggemar jam terhadap jam-jam Omega sport antik semakin tinggi, karena itu tidak heran kalau nilai jam-jam seperti ini selalu saja naik.




0 Responses So Far: