Lunch GTG on Monday 19 Okt 2009


Sengaja, hari Senin 19 Oktober ini saya tidak makan siang keluar kantor seperti biasa karena 2 orang rekan di milis arloji antik akan datang. Sekitar jam 12.30 WIB kedua rekan sudah datang ke kantor saya dan masing-masing memakai jam yang sangat menarik. Pada gambar di bawah adalah jam yang menjadi topik pembicaraan hari ini yaitu Seiko 'DiscusBurger' dari Moving Design Collection, Citizen Chronomaster dan Panerai PAM 119 dial biru yang hari ini sedang saya pakai. Sedangkan 2 jam G shock itu adalah milik salah seorang rekan yang dipindahkan perawatannya kepada saya. :-)

SEIKO MOVING DESIGN COLLECTION
Memang sepintas jam ini seperti jam mainan yang dijual seharga puluhan ribu di kaki lima. Seiko ini adalah produk desain inovatif yang mengambil ide dari jam-jam meca-digital pada tahun 70-an. Tampilan menyerupai jam-jam digital yang menggunakan 3 disc yang berputar dan berpenggerak automatic movement Seiko Cal.6R15. Salah satu hal yang menarik adalah material casing jam yang terbuat dari polished steel PVD coating, karena tampilannya yang mengkilat sepintas menyerupai bahan keramik.
Jam yang di desain oleh Tomoko Tomita ini memiliki diameter 41mm dengan ketebalan 14,3 mm. Dimensi cukup besar dan membuat tampilan Discus yang serba hitam menjadi lebih attraktif. Menurut si empunya, jam ini memiliki tingkat akurasi yang sangat baik seperti yang Seiko janjikan pada brosur bahwa akurasi jam ini adalah +25 sampai -15 detik per bulan. Tali kulit dan deployant buckle semua berwarna hitam. Pada case back yang juga terbuat dari sapphire terdapat lubang untuk melihat sebagian movement 6R15.



CITIZEN CHRONOMASTER
Ini adalah salah satu jam paling akurat di dunia dengan tingkat akurasi 5 detik per tahun! tingkat akurasi sekecil ini adalah 15 kali lebih baik dari tingkat akurasi jam quartz pada umumnya. Ya, ini memang jam high end quartz dari Citizen yang menggunakan movement ultra akurat Cal.A660. Si empunya jam ini memang salah seorang penggemar jam-jam high end Jepang (selain beberapa jam-jam Swiss yang dimiliki) seperti Grand Seiko dan Chronomaster ini. Seperti layaknya jam-jam high end, finishing jam ini begitu detail dan rapi hingga ke hal-hal kecil seperti finishing dial yang dibuat berpola dan cutting indeks yang halus. Jam terbuat dari titanium yang difinishing seperti steel sehingga terlihat berkilat seperti steel namun sangat ringan. Karena kehalusan dan kualitas finishing yang baik, jam ini terlihat elegan dan mewah bila dikenakan.

G Shock 5600EG dan 56RTB
2 buah G shock ini adalah 'hibah dengan mahar' dari salah satu rekan yang hadir dalam Lunch GTG ini. Entah kenapa, saya mulai suka dengan G shock yang unik. Kedua jam ini saya pilih karena: untuk 56RTB warnanya hijau doff dengan strap dari kulit yang menyatu dengan casing jam. Dan 5600EG saya suka karena tipe ini adalah tipe klasik G shock. Sebelumnya saya sudah memiliki seri 5600 yang lain dengan penampilan detil yang berbeda. Dan hal terakhir yang saya suka adalah dialnya yang gelap (negative)!..


0 Responses So Far: