Movement Automatic Chronograph yang Paling Banyak Dipakai


Sudah menjadi hal yang wajar dalam dunia horologi untuk membeli movement utuh dari pabrikan lain yang memiliki core competence dalam pembuatan movement. Hal ini dilakukan karena biaya Riset & Development dalam membuat movement Inhouse sangatlah mahal dan butuh waktu lama. Banyak pabrikan jam yang memproduksi movement chronograph ini dan kemudian dibeli/ dipasang di banyak merek jam lain dengan atau tanpa melakukan modifikasi.

Dalam posting ini saya memaparkan beberapa movement automatic chronograph yang saat ini masih menjadi primadona baik dari segi kehandalannya, kualitasnya maupun tingkat eksklusifitas. Semua movement dibawah ini masih diproduksi sampai sekarang. Sebagai informasi bahwa beberapa pabrikan movement seperti Valjoux, Lemania, ETA, F.Piguet dimiliki oleh konglomerat dunia horology SWATCH group. Semua gambar movement saya ambil dari internet.

VALJOUX Cal.7750
Movement ini sering disebut sebagai movement chronograph "sejuta umat" karena diketahui paling banyak digunakan dan dimodifikasi oleh banyak sekali brand. Modifikasi banyak dilakukan karena movement ini memang di desain untuk mudah dirombak dan ditambahkan feature lain seperti moonphase, triple date dll. Movement ini dikenal sangat tangguh dan terbukti memang bagus tingkat akurasinya. Dengan 25 jewels dan 28,800 bph, movement ini dipilih oleh banyak brand ternama untuk di modifikasi. Nama-nama seperti Franck Muller, IWC, Baume & Mercier, Cartier, Panerai dll merupakan 'langganan' movement ini. Saat ini Valjoux merupakan bagian dari ETA, supplier movement dan ebauches terbesar di dunia.


LEMANIA Cal.1350
EBEL merupakan pelanggan terbesar movement ini. Breguet juga menggunakan dasar movement ini untuk produk mereka Type XX. Dengan 30 jewels dan 28,800 bph, movement ini sangat tangguh namun tidak ada variasinya, tidak seperti Valjoux 7750 yang memiliki banyak variasi modifikasi. Lemania juga membuat movement chronograph lain yang sangat terkenal yaitu Cal.5100, yang kini banyak digunakan oleh SINN dan TUTIMA.


ETA Cal.2894-2
Ini salah satu produk ETA yang laris manis untuk tipe automatic chronograph. Cal 2894 adalah salah satu pencapaian terbaik ETA dalam membuat movement dengan 37 jewels dan 28,800 bph. Movement ini memiliki jewels yang banyak (37) karena ini merupakan movement modular, dimana modul chronograph diletakkan diatas movement automatic Cal.28 series yang memiliki 21 jewels. Automatic movement seri 28 adalah juga salah satu mesin automatic non-chronograph terbaik dari ETA. ETA 2894 semakin banyak dipakai oleh brand-brand populer dunia karena mudahnya dimodifikasi. Brand seperti TAG HEUER, CHOPARD, OMEGA dan Baume & Mercier adalah sebagian dari pelanggan utama movement ini.


ZENITH EL PRIMERO
Mungkin ini adalah movement chronograph yang paling terkenal sepanjang waktu. Zenith pertama kali memperkenalkan movement ini pada tahun 1963/64, dan ini adalah satu-satunya jenis movement yang sejak pertama kali diluncurkan hanya mengalami perubahan yang sangat sedikit dan masih diproduksi sampai sekarang. El primero merupakan integrated chronograph movement 31 jewels dengan 36,000 bph, dan merupakan movement chronograph paling tinggi bph-nya. Karena kehandalan dan akurasi yang sangat baik maka tidak heran kalau Rolex meminta Zenith untuk membuat El primero untuk Rolex Daytona sampai tahun 2000. Movement ini juga digunakan untuk TAG HEUER Cal.36 ('kasta' tertinggi Tag), PANERAI, DANIEL ROTH, EBEL dll. Karena kualitas dan nama movement ini begitu melegenda, maka brand yang menggunakan movement ini akan secara jelas mempromosikannya "it have El Primero 'the legend' movement!".

PATEK PHILIPPE Cal.5960
Ini merupakan movement automatic chronograph pertama yang dibuat oleh PP pada tahun 2006. Memiliki 40 jewels dan 28,800 bph. Movement ini dilengkapi dengan solid 18K YG rotor dan 55 jam power reserve. 5960 merupakan automatic chronograph movement paling eksklusif yang pernah dibuat sampai saat ini. Dan seperti halnya Rolex, movement ini tidak dipakai oleh brand lain.

OMEGA Cal.3313 CO-AXIAL
Ini merupakan salah satu movement Omega yang terbaik yang pernah dibuat. Movement ini mengambil basis movement PIGUET 1185 yang di up grade dengan memasukkan komponen co-axial escapement yang didesain oleh George Daniel. Co-axial escapement sendiri merupakan sebuah terobosan besar dalam dunia mekanikal movement. 3313 memiliki 37 jewels, 28,800 bph dan 55 jam power reserve.

FREDERIC PIGUET Cal.1185
Movement ini tergolong eksklusif karena brand-brand ternama seperti AUDEMARS PIGUET, BLANCPAIN, CARTIER PASHA, VACHERON CONATANTINE dan Breguet merupakan pelanggan movement ini. Brand high-end banyak menggunkan movement ini karena di-klaim merupakan salah satu movement automatic chronograph terbaik yang pernah dibuat. Tidak heran kalau tipe movement ni merupakan idaman para kolektor jam di dunia. Movement ini memiliki 37 jewels dan 21,600 bph dengan ketebalan hanya 5,2mm.

ROLEX Cal.4130
Rolex mulai menggunakan movement ini pada tahun 2000 setelah melalui proses yang panjang dan biaya tinggi untuk mendesain dan memproduksi automatic chronograph movement secara in-house. Movement ini dibuat untuk mengganti movement El primero yang selama bertahun-tahun dipakai untuk tipe Daytona. Memiliki 44 jewels dan 28,800 bph, begitu diluncurkan langsung mendapat banyak pujian karena kekuatan dan akurasi yang tinggi. Power reserve terlama dibandingkan movement lain yaitu 72 jam.


0 Responses So Far: