ROLEX 1675 GMT Master Ca.1979


Sudah lama sebenarnya saya punya keinginan untuk setidaknya memiliki satu saja Rolex sport vintage. Tapi karena harga saat itu untuk sebuah Rolex sport vintage jauh dari jangkauan kantong, maka keinginan selalu tertunda. Di saat yang tidak disangka salah seorang teman baik saya yang memiliki sebuah kios jam memberikan saya jam ini: Rolex GMT 1675 produksi tahun 1979. Saat saya lihat saya kira itu adalah GMT keluaran tahun 80-an karena kondisinya masih sangat bagus.

Teman saya bilang bahwa Rolex ini kondisinya memang masih sangat bagus dengan kondisi rantai masih utuh belum terpotong. Kondisi dial dengan finishing matte black dengan indeks dot berwarna putih, masih sangat bagus begitu juga dengan jarum jam, menit dan detik. Rolex ini sering disebut sebagai Rolex Pepsi karena warna bezel yang terdiri dari 2 warna yaitu merah dan biru. Warna biru untuk menunjukkan waktu malam dan dini hari, sedangkan warna merah menunjukkan waktu pagi, siang dan sore hari.

Kondisi bezel masih sangat baik dan warnanya belumlah pudar, kemungkinan bezel ini sudah diganti pada saat jam ini di service di RSC (Rolex Service Centre). Casing terutama bagian dalam dan caseback belum ada tanda-tanda keropos seperti yang biasa dialami oleh jam-jam vintage. Ini juga salah satu bukti kalau si pemilik awal merawat dengan baik jam ini.

Tipe Rolex GMT master terutama yang vintage banyak diburu oleh penggemar jam antik sebagai salah satu jenis jam yang kolektibel. Bahkan GMT master generasi sebelumnya dengan bentuk crown guard meruncing (pointed crown guard) harga-nya bisa jauh melampaui harga GMT master keluaran baru. Karena itu salah seorang rekan saya bilang sebaiknya kalau mau menyimpan Rolex sport vintage yang value-nya akan baik di masa depan, salah satunya adalah menyimpan Rolex jenis ini (1675). Kecenderungan harga-harga Rolex GMT vintage di pasar lar negeri sudah mulai menaik lagi setelah sempat turun karena efek dari krisis global.

Jam ini memang menjadi salah satu Cult Desain pada dunia horology karena itu desainnya bisa menjadi klasik dan tidak hilang ditelan jaman. Herannya, tipe GMT master vintage yang lebih disenangi apabila kondisinya sudah terlihat menua dengan perubahan warna pada bezel dan dial. Kaca mika pada jam ini juga membuat aura jam menjadi lebi klasik dan 'hangat'.





0 Responses So Far: