SEIKO DIVER Vintage Cal.7005


Seiko diketahui mengeluarkan banyak sekalian varian desain casing dan movement. Begitu juga varian Seiko Diver banyak tipe yang 'terlupakan' karena para penggemar Seiko selalu mengacu pada Seiko diver tipe 6217, 6309, 6105 dan 7002 sebagai seri klasik jam diver.

Salah satunya adalah tipe Diver yang saya peroleh minggu ini. Desain diver ini unik karena desain casing yang 'nyeleneh' dari pakem casing seiko diver. Mungkin karena diver ini bukan diperuntukkan bagi profesional diver karena itu desain casingnya juga tidak sekokoh jam diver profesional. Paling mudah bisa dilihat dari desain crown yang tidak menggunakan sistem screw in atau turn-and-lock. Ketebalan casing juga tidak setebal diver lainnya, karena itu jam diver seperti ini sering disebut sebagai 'dressy diver'.

Desain casing seperti ini mirip dengan desain casing Panerai Luminor hanya saja lugs pada Seiko ini kecil. Seri lain yang pernah saya lihat menggunakan desain casing seperti ini adalah Seiko Sea Lion M88 dan juga Seiko DX. Seiko diver ini memiliki casing bertuliskan 'Water resist 70 m' dan diyakini bahwa tipe ini merupakan tipe-tipe awal bagi Seiko dalam menuliskan pakem tersebut. Tulisan ini dalam produksi selanjutnya digunakan juga pada seri chronograph dengan Cal.61XX.

Dial berwarna biru yang cenderung ke arah warna abu-abu tua. Hal ini berbeda dengan warna bezel yang berwarna hitam. Kombinasi warna dial dan bezel yang berbeda ini menarik dilihat. Desain dial pada indeks dan jarum menggunakan bentuk dominan persegi sehingga kesan jam sport cukup kuat. Desain jarum jam, detik dan menit seperti ini serupa dengan jarum yang digunakan pada seri klasik diver 6217. Jarum detik memiliki bentuk kotak pada ujungnya.

Sekarang kita lihat jeroannya, movement yang digunakan adalah automatic Cal.7005 yang memiliki 17 jewels. Movement ini pertama kali diproduksi pada tahun 1969 yang merupakan movement generasi pertama dari seri Cal.70XX. Cal.7005 merupakan dasar dari perkembangan movement Cal.70XX selanjutnya. Beberapa contoh turunan dari movement Cal.70XX adalah Cal.7002 diver, 7016 chronograph dan movement modern 7S26.

Cal.7005 diakui sebagai movement yang sederhana dan tangguh. Movement ini merupakan hasil pengembangan movement automatic generasi sebelumnya. Desain dibuat lebih tipis hanya 4,50mm dengan bph 21,600. Sebagai perbandingan, cal.6119 sebagai generasi sebelumnya memiliki ketebalan 5,15mm; atau movement tangguh dan paling banyak digunakan dari ETA Cal.2824 memiliki ketebalan 4,60mm. Seiko hanya memproduksi cal.7005 sampai tahun 1971 saja karena setelah itu Seiko memproduksi movement dengan cal.70XX dengan basis 7005.

Karena memang bukan diperuntukkan bagi diver profesional, maka crown pun dibuat seperti lazimnya jam-jam dress watch seiko lainnya. Mungkin akan lebih menarik lagi kalau desain crown dibuat lebih besar dan kokoh sehingga kesan jam sport akan semakin terlihat. Desain ulir bezel dibuat hanya satu tingkat dan berbeda dengan versi profesional yang apabila dilihat dari samping terlihat seperti terdiri dari 2 layer.

Kalau lihat pada gambar dibawah, desain lugs yang 'curam' dan berbentuk seperti kait membuat jam ini terlihat kecil di pergelangan tangan. Desain lugs seperti ini kemungkinan bertujuan agar desain casing menjadi lebih 'terlihat' dan kesan 'besar' akan lebih terasa, karena kalau casing dibuat panjang akan terlihat aneh penampilan keseluruhannya.

Jam ini memiliki diamater casing sekitar 39mm, lebih besar dari jam-jam seiko umumnya tapi lebih kecil dari standard sebuah jam diver. Dari serial number (981121) diketahui kalau jam ini diproduksi pada Bulan Agustus 1969.


0 Responses So Far: