SEIKO Chronograph Designed by Giugiaro


Untuk dapat lebih menarik perhatian pencinta jam, Seiko pada tahun 1982 meminta seorang desainer otomotif bernama Giugiaro dari rumah desain Italdesign untuk ikut mendesain beberapa tipe jam quartz chronograph yang saat itu baru saja diluncurkan.
Kalau dilihat desain yang diaplikasikan pada Seiko ini memang sangat kental nuansa otomotif-nya. Desain sub register dibuat mirip dengan desain dash board sebuah mobil. Desain-desain yang dibuat oleh Giugiaro langsung saja menarik perhatian para penggemar jam pada saat itu karena memang desain Giugiaro banyak yang 'melenceng' dari pakem jam pada umumnya. Rata-rata desain dari Giugiaro untuk Seiko memiliki desain casing yang asymetric dengan seolah beban lebih condong ke satu sisi.

Kombinasi warna yang dipakai juga belum pernah digunakan pada jam-jam Seiko sebelumnya. Keseluruhan material pada jam ini adalah steel yang diberi finishing warna abu-abu tua dan hitam dengan aksen untuk kenop, index dan bezel berwarna merah terang. Sedangkan dial terdiri dari 2 lapis. Lapisan pertama berwarna abu-abu senada dengan casing dan rantai, lapisan dibawahnya untuk area sub register berwarna hitam pekat. Kombinasi ini sangat menarik karena berkesan sangat sporty dan maskulin.
Untuk menguatkan kesan otomotif dan sporty, Giugiaro mendesain kenop (pusher) chronograph berbentuk kotak serupa dengan pedal pada mobil dengan warna yang menyolok. Sedangkan kenop pada sisi seberangnya tetap menggunakan desain asli seiko yang berbentuk bulat dan sewarna dengan casing.
Movement yang digunakan pada Seiko ini adalah Quartz Chronograph cal.7A28 yang merupakan movement quartz chronograph terbaik yang pernah dibuat dan merupakan analog pertama di dunia yang dibuat pertama kali tahun 1983. Movement ini memiliki 15 jewels dan tidak menggunakan material plastik satupun pada movementnya. Bukti ketangguhan dari movement ini adalah dengan adanya pesanan khusus dari British Royal Air Force untuk melengkapi penerbang mereka dengan jam Seiko ini.
Jam dengan diameter 40mm ini diproduksi pada bulan Mei tahun 1984 yang bisa diketahui dari serial number yang tertera di case back 45XXXXX. Pada saat itu price list untuk Seiko Giugiaro ini adalah 50,000 Yen.




0 Responses So Far: