ROLEX Thunderbird 6609 Black Dial


Rolex pertama kali memperkenalkan tipe Datejust Thunderbird pada pertengahan tahun 50-an. Perbedaan utama adalah pada penggunaan bezel yang timbul dan dapat berputar (Turn-O-Graph bezel). Nama Thunderbird sendiri melekat setelah Skuadron Akrobatik Thunderbird (milik Angkatan Udara AS) memilih Rolex ini sebagai jam resmi mereka. Reference pertama yang diproduksi adalah ref.6309 yang hanya dibuat selama 2 tahun saja sampai tahun 1956. Tipe penggantinya adalah ref.6609 yang memiliki movement berbeda yaitu cal.1065 yang merupakan movement terbaru dari Rolex pada saat itu. Ref.6609 inipun tidak diproduksi lama dan pada tahun 1960, Rolex mengeluarkan versi 'modern' dari Turn-O-Graph (atau Thunderbird) yaitu ref.1625 yang terus diproduksi sampai tahun 1977.

Thunderbid dalam koleksi ini merupakan Thunderbird generasi kedua yaitu ref.6609. Thunderbird ini memiliki warna dial yang jarang sekali ditemui pada tipe thunderbird yaitu hitam. Si empunya jam ini sebelumnya selalu memberikan secara rutin ke RSC (Rolex Service Centre) untuk pemeliharaan. Dan pada saat service terakhir (tidak tahu kapan tepatnya), RSC mengganti satu set dial dengan jarum jam. Penggantian ini kemungkinan karena sudah tuanya usia jam yang menyebabkan kondisi dial dan jarum sudah tidak bagus lagi. Penggantian lain adalah pada lempengan penunjuk tanggal. 6609 awalnya memiliki 2 warna untuk tanggal yaitu merah dan hitam. Tanggal pada jam ini diganti menjadi hitam semua seperti pada seri Datejust umumnya.

Dial pengganti yang dipilih adalah berwarna hitam doff (matte black dial) sehingga sangat berbeda sekali dengan penampilan Rolex biasa yang kebanyakan menggunakan dial jenis glossy (mengkilat). Kalau anda perhatikan indeks pada dial juga berukuran lebih besar dari indeks batang umumnya, dan bagi saya ini malah menjadi semakin menarik dan unik! Semula saya mengira kalau jam ini dial-nya diganti dengan menggunakan dial milik ref.1601 namun ternyata tidak bisa. Dial Thunderbird dibuat lebih kecil dari dial seri Datejust umumnya. Hal ini dilakukan oleh Rolex karena bezel pada Thunderbird cukup lebar sehingga kalau tetap menggunakan desain dial datejust biasa, maka diameter Thunderbird akan menjadi besar. Apabila dipaksakan dial 1601 masuk dalam casing thunderbird maka akan ada tulisan atau indeks bar yang tertutup oleh casing.

Ciri khas dari Thunderbird ref.6609 produksi tahun 1958 ini dan generasi setelahnya adalah bentuk caseback yang lebih cembung. Ini disebabkan karena desain movement-nya yang memang lebih tebal dari movement generasi setelahnya. Jam ini memiliki caseback yang masih sangat bagus dengan gerigi yang masih tajam. Ini salah satu bukti kalau jam ini dirawat dengan baik dan menggunakan tools yang tepat dan benar untuk membukanya. Saya langsung memasangkan Rolex ini dengan leather strap merk Lorenzo (yang terbaik yang saya dapat) dengan desain strap yang sangat klasik. Kemudian saya belikan buckle Rolex generik sewarna dengan bezel jam ini. Perpaduan antara jam dengan kombinasi dial hitam dan emas, ditambah lagi dengan tali kulit hitam membuat penampilan Thunderbird ini menjadi sangat menarik!


0 Responses So Far: