OMEGA Chronostop GMT (Pilot)


 
Chronostop adalah salah satu produk Omega yang menarik. Mengapa disebut CHRONOSTOP? karena jam ini hanya memiliki satu pusher (kenop) untuk mengaktifkan dan mematikan fungsi Chronograph. Untuk mengaktifkan tekan pusher dan untuk melihat hasilnya tekan lagi pusher tanpa dilepas. Dan untuk mengembalikan jarum ke angka 12, lepas pusher dan jarum detik akan melompat kembali ke angka 12.
Dalam posting sebelumnya saya pernah membahas chronostop driver milik saya dan kali ini adalah chronostop dengan tipe yang berbeda yaitu Chronostop GMT atau sering juga disebut chronostop pilot.

Chronostop ini menggunakan movement manual winding cal 865 (no date) 17 jewels yang mulai diproduksi pada tahun 1966 dan dibuat sebanyak 124,000 buah. Variasi pada jenis ini adalah penggunaan inner rotating bezel untuk penunjuk waktu GMT. Versi lain adalah versi diver dengan penunjuk inner bezel adalah angka menit. Crown pemutar pada posisi jam 10 berguna untuk memutar inner bezel.

Diameter jam ini cukup besar yaitu sekitar 42mm dan dengan variasi dial yang warna-warni membuat penampilan jam ini menjadi atraktif. Bagi penggemar jam antik terutama Omega, tipe chronostop wajib dimiliki karena tipe ini mewakili milestone dari sejarah Omega dalam dunia horologi.




0 Responses So Far: