Movement, Ebauches and a Caliber


Sampai saat ini saya masih sering mendapatkan pertanyaan beberapa hal mendasar mengenai jam-jam mekanik. Banyak yang bingung dengan pengertian movement, Ebauche dan Caliber. Dalam posting ini saya coba jelaskan secara singkat mengenai perbedaan ketiga hal tersebut.
MOVEMENT
Movement sering disebut sebagai sebuah rangkaian utuh parts sebuah jam mekanik yang siap digunakan atau berupa finished material yang siap dicangkokkan dengan dial dan hands untuk sebuah jam. Movement ini biasanya juga sudah melalui tahapan finishing seperti polished, decorated atau hal-hal lain terkait dengan estetika maupun performance jam.

EBAUCHE
Ebauche merupakan sebutan untuk 'raw material' sebuah jam mekanik yang sepenuhnya belum di-dekorasi, polished dan diasembli secara keseluruhan. Ebauche ini setidaknya terdiri dari part yang utama dalam sebuah jam mekanik seperti plate dan bridges serta roda-roda gigi. Ebauche inilah yang banyak dibeli oleh produsen jam saat ini dari suplier ebauche besar seperti ETA?Valjoux, Sellita dll.

Mayoritas produsen jam baik besar maupun kecil banyak membeli dari suplier-suplier Ebauche diatas untuk menekan biaya produksi. Biaya Riset dan Pengembangan sebuah movement in-house sangatlah besar dan ini tentu juga membutuhkan persiapan panjang serta dukungan dari ahli-ahli horology yang mumpuni. Praktek lazim yang terjadi adalah, setelah membeli raw material (Ebauches) dari suplier mereka kemudian melakukan finishing ulang terhadap ebauches tersebut. Refinisih disini bisa dengan melakukan perubahan minor pada movement atau melakukan beberapa penambahan fungsi atau parts tambahan guna meningkatkan komplikasi dan kualitas akurasi jam. Kegiatan terakhir ini biasanya dilakukan oleh produsen-produsen jam besar yang namanya memang sudah menjamin kualitas jam buatannya.

Namun banyak juga produsen jam yang tidak membeli ebauche tapi membeli movement yang siap pasang, sehingga bagi mereka lebih praktis lagi. Perubahan yang dibuat hanya membuat cetakan brand jam mereka pada rotor automatic (bandul), memberi warna yang berbeda atau melapisinya dengan emas dll. Namun informasi asli dari produsen masih tercetak jelas pada base plate movement dan dapat kita lihat, misal angka 7750 dan logo R yang menunjukkan bahwa movement jam itu dibeli dari ETA/Valjoux. Gambar dibawah adalah contoh sebuah 'raw material' sebuah movement yang akan dilakukan re-asembli oleh sebuah produsen jam. Bandul automatic masih polos dan belum di-cap brand jam tersebut.
Salah satu contoh brand jam yang banyak membeli movement dari suplier adalah TAG HEUER. Contoh gambar dibawah adalah Tag Heuer Aquaracer Chronograph yang menggunakan movement automatic chronograph dari ETA/Valjoux Cal.7750. Movement ini sangat banyak digunakan oleh produsen jam karena kualitas konstruksi dan akurasinya sangat bagus. Khusus mengenai hal ini akan saya bahas dalam posting yang berbeda.


Kecenderungan yang terjadi saat ini adalah semakin banyak produsen jam yang meng-klaim movement pada jam mereka sebagai in-house padahal nyata-nyatanya movement mereka sebenarnya tidak purely inhouse melainkan menggunakan basis movement standar yang banyak dijual dan kemudian melakukan modifikasi baik kecil maupun besar. Hal inilah yang mungkin jadi salah satu alasan kenapa akhirnya Swatch Group memutuskan untuk menghentikan penjualan movement ETA ke produsen jam lain dan fokus hanya menjual ebauche saja. Dikabarkan mulai tahun depan (2010) ETA tidak lagi menjual movement dan movement yang dibuat hanya akan di fokuskan untuk mensuplai produsen jam dalam satu group mereka saja.
Keputusan ini banyak membuat produsen jam (terutama brand ternama) kelabakan karena R&D mereka dipaksa untuk kerja keras mendevelop movement sesuai dengan keinginan mereka. Nama-nama seperti Panerai, Bulgari, Maurice lacroix mulai memperkenalkan movement in house baru mereka ke publik, namun saya yakin base design mereka tetap dari movement yang sudah ada. BVLGARI yang dulunya tidak terpikir akan juga fokus pada penjualan time pieces sekarang mulai menjadi watchmaker dengan menggandeng watchmaker2 handal. Montblanc dengan cerdik membeli pabrik movement lama Villeret daripada harus membuat movement sendiri. PANERAI juga sudah mengeluarkan beberapa movement in-house yang sudah diterapkan dalam produk-produk terbaru mereka. Dan jam-jam yang menggunakan movement in-house itu harganya berbeda jauh dengan tipe jam lain dengan movement standard!

Salah satu yang melakukan modifikasi 'gila'gilaan' adalah IWC dalam salah satu koleksi masterpiece mereka yaitu IWC Grande Complication. Tipe ini banyak disebut sebagai 'the most extensive modification' untuk sebuah jam premium. Grande Complication memang jam yang luar biasa. Jam ini memiliki penghitungan perpetual calendar hingga 500 tahun, moonphase, minute repeater, chronograph dan terdiri dari 659 parts dan 71 jewels! luar biasa! karena itu jam ini juga disebut sebagai salah satu jam yang brilliant dan tentu saja mahal dengan harga bandrol US$318,000 untuk tipe casing platinum.
Ternyata bukan hanya kecanggihan dan mahalnya saja jam ini banyak dibicarakan, tapi lebih kepada movement dasar yang digunakan yaitu ETA/Valjoux 7750 tanpa rotor automatic. Dengan kepiawaian, skill tinggi dan inovasi yang luar biasa, tim R&D dari IWC bisa melakukan modifikasi paling ekstrim terhadap sebuah basic movement. Memang akan jauh lebih sulit, mahal dan butuh waktu lama kalau mereka membangun movement ini dari nol dan bukan berawal dari movement yang sudah ada.

CALIBER
Caliber adalah sebuah identifikasi yang digunakan oleh sebuah produsen jam untuk movement yang mereka pasangkan dalam jam-jam mereka. Seringkali jenis movement yang sama (karena dibeli dari suplier yang sama) menggunakan identifikasi caliber yang berbeda. Hal ini adalah salah satu cara bagi produsen jam untuk mempermudah mereka dalam mendata inventory parts apabila ada after sales service yang membutuhkan parts. Tulisan caliber ini biasanya di grafir di base plate sebuah movement.


0 Responses So Far: