GTG Ke-3 Komunitas Penggemar Jam di Jakarta


Komunitas penggemar jam terutama jam antik tak terasa sudah mencapai ratusan anggota, walau memang anggota yang aktif baru puluhan orang saja. Semua ini berkat ide, pemikiran dan usaha pendiri, sesepuh dan koordinator komunitas ini yaitu Bung Hendra Kusuma (www.arlojimania.net). Dari milis yang dibentuk di yahoogroups lahirlah banyak blog anggota komunitas yang memiliki passion pada dunia horologi ini. Temu secara virtual ternyata tidaklah cukup, kemudian muncul ide untuk 'kopi darat' dalam bentuk GTG (Get ToGether) untuk anggota yang tergabung dalam milis. GTG pertama dan GTG kedua dilakukan di kota tempat koordinator berada yaitu Bandung dan GTG ke-3 dilakukan tanggal 5 Juli 09 kemarin di Jakarta.

Sebelum acara GTG, ada usulan untuk membuat nama bagi komunitas ini dan juga membuat logo yang bisa dibuat sebagai souvenir bagi peserta yang mendaftar pada acara ini. Lalu setelah beberapa usulan nama dan desain, muncullah nama KRONOMETROFILIA yang diusulkan oleh Bung Moderator dengan latar belakang pemikiran dan alasan nama tersebut. Lalu diadakanlah sayembara pembuatan logo komunitas dan dari banyak ide yang masuk dipilihlah desain karya sdr Ivan sebagai logo resmi Komunitas dan GTG ke-3.

Acara GTG diadakan di Restoran Gado-Gado Boplo Panglima Polim pada tanggal 5 Juli 2009. Peserta yang mendaftar ternyata lebih banyak yang diperkirakan. Jumlah yang mendaftar lebih dari 60 orang dan yang benar-benar hadir 53 orang, beberapa rekan mendadak tidak bisa hadir karena ada keperluan mendadak. Ternyata tidak semua yang datang adalah member dari milis arlojiantik, sebagian lagi mendapat info GTG ini dari rekan mereka yang lain dan menelepon langsung kepada panitia untuk bisa hadir dalam acara itu. Acara ini juga dihadiri oleh perwakilan dari Orient Indonesia, Pak Justin sebagai owner, dan juga Ibu Susan sebagai perwakilan dari media The Jakarta Post.

Selain ajang silaturahmi dan perkenalan antar anggota komunitas, acara juga diisi dengan pemutaran video dari Glashutte milik rekan Wiyono dan ada doorprice berupa jam tangan LaSalle yang merupakan sumbangan dari Bung Kucimo dan koper jam dari panitia. Setiap peserta yang hadir mendapatkan goodie bag berisi kaos polo komunitas, topi (buat piranti hunting jam) dan sticker. Dari pengalaman yang sudah-sudah, perhatian para anggota melulu kepada koleksi jam yang dihampar di meja panjang dan bukan pada presentasi ataupun door prize. Dan memang itu tujuan setiap GTG: ngobrol jam, liat koleksi jam...dan (kalau bisa) beli jam!

Setiap GTG selalu terjadi transaksi dan begitu juga dengan GTG kali ini bahkan setahu saya transaksi yang terjadi lebih besar dan banyak, mengingat peserta yang hadir juga 2 kali lipat dari GTG sebelumnya. Acara dimulai jam 11.30 dan berakhir jam 15.30. Berikut beberapa gambar yang sempat saya ambil dalam acara ini:

Hidangan yang disajikan oleh pihak Boplo memang enak tapi jauh lebih enak hidangan utama acara GTG ini: Koleksi-koleksi jam yang unik, antik dan cantik! ada yang rapi ditaruh dalam koper atau kotak jam dan tidak sedikit pula yang dihampar saja di meja.

Hampir setiap orang saya perhatikan melakukan hal ini: Lihat, sentuh, pegang, ambil dan pakai! karena memang koleksi-koleksi yang ditampilkan sangat menggoda!

Bung moderator selalu membuat kejutan. Setelah pada GTG sebelumnya beliau membawa 4 buah jam Seiko automatic chronograph 'UFO' sebanyak 4 buah, GTG kemarin yang beliau bawa adalah 6 buah Omega seamaster thn 70-an yang setipe! bukan main!...cantik-cantik..

Selain koleksi jam, juga ada peserta yang membawa asesoris jam seperti strap dll untuk bisa dibeli oleh peserta yang lain.


Jamie (gambar bawah) member yang beruntung pada hari itu mendapatkan door prize sebuah jam LaSalle dalam kondisi NOS (New Old Stock).
Ini adalah member-member lama milis arlojiantik dan peserta tetap setiap GTG yang tergabung dalam kelompok 'Laskar Pelangi' atau kelompok 'Laskar Narsis' ya?.. :-)

Banyak wajah-wajah baru hadir dalam GTG kali ini, mungkin karena diadakan di Jakarta jadi lebih punya banyak kesempatan untuk ikut. Sampai bertemu di GTG Berikut!


0 Responses So Far: