ROLEX Submariner No Date 14060M Ca.2003


Rolex Submariner merupakan salah satu tipe jam yang ingin saya punyai dalam koleksi saya. Saya rela tidak memiliki beberapa Rolex Datejust asal bisa memiliki rolex tipe ini. Tujuan utama saya adalah Rolex dengan date ref.16610 karena bagi saya kayaknya tanggung punya jam tanpa tanggal.

Preferensi saya mengenai Submariner No Date (ND) berubah saat saya dititipi sebuah Rolex Sub ND dari teman yang akan diberikan kepada teman saya yang lain. Saat itu saya pertama kalinya melihat, memegang dan memperhatikan detail dari Sub ND. Ternyata pendapat saya menjadi berubah! Sub ND ternyata adalah jam yang sangat elegan tanpa kehilangan unsur maskulin-nya. Desainnya sangat sederhana dan karena tidak ada fungsi tanggal maka keseluruhan muka jam menjadi terlihat simetris dan bersih. Saya juga amati bahwa generasi awal dari Submariner juga tidak menggunakan tanggal dan desainnya setelah puluhan tahun (diperkenalkan pertama kali tahun 1954) tidak banyak berubah.



Submariner ND secara prinsip sama dengan generasi-generasi awal Rolx Sub. Perubahan-perubahan minor terjadi pada penggunaan indeks yang semula hanya menggunakan luminous paint sekarang menggunakan non radioactive luminova yang diberi ring white gold. Dial kini menggunakan finishing glos dial sedangkan versi vintage menggunakan finishing flat black, penggunaan crown guard dan tentu saja movement yang menggunakan versi teranyar.

Desain Rolex Submariner merupakan desain yang paling banyak ditiru dalam dunia horologi karena desain seperti ini sederhana dan timeless. Penggunaan jarum berupa desain 'mercedes hands' juga banyak diadopsi oleh banyak brand baik dari yang low end sampai high end untuk seri jam-jam sport, terutama jam diver.

Casing merupakan casing oyster tebal yang sudah teruji handal dalam uji ketahanan dalam air. Rolex selalu menggunakan bahan baja kualitas terbaik yaitu tipe 904L. Bahan baja yang bisanya digunakan oleh produsen jam lain adalah tipe 316L. Kelebihan dari baja 904L selain tingkat ketahanan yang tinggi terhadap korosi dan air asin, juga tampilan baja ini yang 'lebih bersinar' dari baja biasa meskipun dalam usia jam yang tua.



Submariner ND ini menggunakan movement automatic cal.3130 yang memiliki 31 rubies dan 28,800 beat per hour. Movement ini merupakan salah satu movement yang handal dan akurat. Semua movement Sub ND sebelum tahun 2007 belum melalui uji chronometer karena itu di dialnya tidal ada tulisan "Superlative Chronometer..". Setelah tahun 2007, Rolex menguji semua movement yang digunakan dalam Sub ND dan mulai menyertakan kalimat "Superlative Chronometer.." pada dialnya.

Sub ND ini saya dapatkan dari seorang teman yang berbaik hati membolehkan saya untuk membeli salah satu koleksinya. Jam ini masih dilengkapi dengan box, sertifikat, buku Rolex, dompet dan brand tag Rolex. Jam ini sangat nyaman dan menarik saat dipakai, namun saya masih penasaran dan tetap ingin memiliki Submariner Date!...


0 Responses So Far: