G SHOCK Frogman "Men in Rusty Black"


G Shock mengeluarkan seri 'Men in Rusty Black' pada bulan February 2009 di Jepang. Tipe ini mengeluarkan 5 desain yaitu klasik DW5600MS-1JF, DW6900MS-1JF, DW9000MS-1JF (Mudman), DW9200MS-8JF (Riseman) dan DW200MS-1JF (Frogman). 4 seri pertama diperkenalkan pada Bulan February, hanya tipe Frogman yang tertunda peluncurannya ke masayarakat karena terdapat rembesan minyak silicon pada caseback-nya. Akhirnya pada tanggal 28 Maret 2009 Frogman Men in Rusty Black resmi diluncurkan. Frogman merupakan seri tertinggi dan termahal dari jajaran produk Rusty Black ini dan peluncurannya sudah banyak dinantikan oleh penggemar G-shock.

Saya bukanlah penggemar Frogman karena saya merasa desain Frogman terlalu besar dan 'aneh' kalau saya pakai. Saya lebih memilih tipe Master G yang lain seperti Mudman, riseman dll. Karena itu saya tidak pernah dengan sengaja merencanakan untuk membeli Frogman tipe apapun.

Siang ini saya mendapatkan telepon dari seorang teman yang mengatakan ada seseorang yang hendak menjual G shock-nya. Waktu dia menyebutkan Frogman saya kurang tertarik namun saat dia menyebutkan ciri-ciri frogman ini saya mulai tertarik. "Semua warnanya hitam atau abu-abu tua kecuali layar dan lingkaran di layar yang warnanya pink semu kuning. Dan di tali-nya ada angka 2422". Wah, itu pasti Frogman Men in Rusty Black! Tipe yang menurut para penggemar G Shock harus dimiliki karena keunikan penampilannya. Dan memang sejak saya membeli G shock DW5600MS (Military Series) yang serba hitam, saya tertarik untuk membeli seri Military Series lainnya. Dan kebetulan ini Frogman pula!. Segera saya meluncur ke tempat teman untuk melihat (dan akhirnya membeli) Frogman ini.



Sesungguhnya dari segi estetika, banak penggemar G shock mempertanyakan desain dan penampilan Frogman Rusty Black ini karena keseluruhan warnanya yang cenderung ke abu-abu tua daripada real black. Warnanya memang seperti warna hitam yang telah 'rusak' atau sudah lama dan bukan solid black seperti DW5600MS yang sebelumnya saya beli. Desain nyeleneh lain yang digunakan dalam Frogman ini adalah layar dan lingkaran pada layar yang berwarna 'genit' karena semburat warna pink (atau peach) terlihat jelas apalagi apabila terkena cahaya. Sistem tenaga jam ini memanfaatkan sumber tanaga dari cahaya (tough solar) dan penanggalan otomatis sampai akhir tahun 2039.



Saya suka dengan desain strapnya yang menggunakan lubang-lubang besar seperti desain perlengkapan militer. Buckle juga berwarna hitam dengan 2 kait pengikat. Pada tali dicetak 4 digit angka 2422 (entah apa maksudnya) sepertidesain angka-angka yang digunakan juga pada perlengkapan militer. Caseback terbuat dari titaniumdengan logo katak. Gambar dibawah memperlihatkan perbandingan antara seri DW5600MS yang berwarna hitam legam dengan Frogman yang cenderung berwarna 'kasar'.

Saya tidak yakin kalau saya akan sering pakai Frogman dalam aktifitas sehari-hari, tapi yang penting saya sudah memiliki 1 dari beberapa tipe G shock yang palin banyak dicari...


0 Responses So Far: